Tinjauan Hukum Pemberdayaan Hak Politik Perempuan

Legal Review of the Empowerment of Women's Political Rights

https://doi.org/10.59414/jmh.v10i2.524

Authors

  • Zulharbi Amatahir Universitas Tompotika Luwuk
  • Abdul Mukmin Rehas Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

Keywords:

Pemberdayaan, Hak Politik, Perempuan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam tentang pemberdayaan politik perempuan. Dan untuk mengetahui hak-hak politik perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif. Analisis penelitian yang digunakan yaitu metode analisis kualitatif dengan cara menelaah dan menganalisis peraturan perundang-undangan serta memahami asas-asas dalam perundang-undangan. Peran dan posisi kaum perempuan di wilayah publik merupakan bagian dari hak-hak asasi yang setiap manusia berhak memilikinya. Namun yang cukup ironis, kaum perempuan justru banyak yang belum memahami tentang hak-hak mereka. Keterlibatan Perempuan dalam pencalonan anggota legislatif sangatlah perlu diapresiasi. Tindakan ini merupakan wujud nyata dari penyetaraan gender yang mana hak-hak wanita tidak lagi dikesampingkan, bahkan telah dilindungi secara nyata dalam bentuk produk-produk hukum nasional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmansyah, Ramlan, and Ade Sartika. “Representasi Perempuan Dalam Politik (Studi Pemilihan Legislatif Kota Dumai Periode 2019-2024).” Journal Civics and Social Studies Vol 5, No (2021): hlm 4.

Hamdi, Saipul. Nahdlatul Wathan Di Era Reformasi : Agama,Konflik Komunal Dan Peta Rekonsiliasi. Yogyakarta: Yogyakarta : KKS, 2014.

Kiftiyah, Anifatul. “Perempuan Dalam Partisipasi Politik Di Indonesia.” YINYANG: Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak Vol. 14 (2019): hlm 3.

Peter Mahmud Marzuki. Penelitian Hukum. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.

Priandi, Rizki, and Kholis Roisah. “UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK PEREMPUAN DALAM PEMILIHAN UMUMDI INDONESIA.” Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia Volume 1, no. nomor 1 (2019): hlm 107.

R, Baswir. Kepemimpinan Nasional, Demokratisasi, Dan Tantangan Globalisasi. Cet.1. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Soetjipto, Ani. Politik Harapan (Perjalanan Politik Perempuan Indonesia Pasca Reformasi). Tanggerang: Tangerang : Marjin Kiri, 2011.

Subono, Nur Iman, and Gadis Arivia. Perempuan Dan Partisipasi Politik: Panduan Untuk Jurnalis. Diterbitkan atas kerjasama Yayasan Jurnal Perempuan dan The Japan Foundation, 2003.

Wahyudi, Very. “Peran Politik Perempuan Dalam Persfektif Gender.” Politea: Jurnal Politik Islam Vol. 1 No. (2018): hlm 64. https://core.ac.uk/download/pdf/266979356.pdf.

Winarto, P. Budi, and Slamet Rohmadi. “Kesadaran Gender Dan Perjuangan RA Kartini.” beritamalang.id, 2023. http://beritamagelang.id/kesadaran-gender-dan-perjuangan-ra-kartini.

Yandy, Eza Tri, and Muhammad Mustajab. “PEREMPUAN DALAM PARTISIPASI POLITIK DI INDONESIA.” Jurnal Studi Gender Dan Anak Vol 6, no. No. 2 (2022): hlm 84. https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/an-Nisa/article/view/1134/568.

Yuliantri, Elmas, Faisal Akbar Nasution, Mirza Nasution, and Sutiarnoto. “Affirmative Action HAM Dalam Pemberdayaan Perempuan Di Papua.” Iuris Studia Jurnal Kajian Hukum Volume 2 (2021): hlm 515.

Downloads

Published

2023-06-22

How to Cite

Amatahir, Z., & Rehas, A. M. . (2023). Tinjauan Hukum Pemberdayaan Hak Politik Perempuan: Legal Review of the Empowerment of Women’s Political Rights. Jurnal Media Hukum, 10(2), 98–109. https://doi.org/10.59414/jmh.v10i2.524