ANALISIS KERUSAKAN PERKERASAN JALAN DI TINJAU DARI DAYA DUKUNG TANAH DAN VOLUME LALU LINTAS

https://doi.org/10.55114/siparstika.v3i1.617

Authors

  • Sarifudin Laide Universitas Tompotika Luwuk
  • Riduan Universitas Tompotika Luwuk Banggai
  • Diah Hariyami Universitas Tompotika Luwuk Banggai

Keywords:

Perkerasan Jalan, Daya Dukung, Lalu Lintas

Abstract

Ruas Jalan Tanjung Jepara di Kecamatan Batui Kabupaten Banggai merupakan salah satu Ruas Jalan yang sering terjadi kerusakan pada lapisan perkerasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganlisis faktor-faktor penyebab kerusakan lapisan perkerasan jalan di Ruas Jalan Tanjung Jepara Kecamatan Batui Kabupaten Banggai. Maka untuk menentukan perencanaan ulang tebal lapisan perkerasan lentur perlu adanya pengumpulan data primer dan data sekunder. Untuk pengumpulan data primer yaitu melakukan pengujian DCP untuk mengetahui nilai CBR tanah dasar dan perhitungan survei LHR langsung di lapangan, adapun untuk pengumpulan data primer yaitu data curah hujan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata CBR sebesar 12,52 %. Hasil perhitungan jenis-jenis kendaraan yang melintasi Ruas Jalan Tanjung Jepara didapatkan Damage Factor Truk 2 as sebesar 35,40 %, Truk 3 as sebesar 19,31 %, dan Truk gandeng sebesar 16,99 %. Penyebab terjadinya kerusakan perkerasan jalan di dominasi oleh jenis kendaraan Truck 2 as, Truck 3 as dan Truck Trailer. Dari hasil penelitian dapat dismimpulkan bahwah salah satu penyebab terjadinya kerusakan perkerasan jalan di Ruas Jalan Tanjung Jepara adalah damage factor.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim, (2012). Pedoman Penyusunan Laporan Tugas Akhir, Fakultas Teknik Program Studi Teknik Sipil Universitas Tompotika Luwuk Banggai.

AASHTO, (1993). American Assosiation Of State Highway and Transportation Officials. Wasington, USA.

BPS, (2020). Kecamatan Batui.

Hadijah, dkk. (2017). (Jurnal), Analisis Kerusakan Perkerasan Jalan Di Tinjau Dari Daya Dukung Tanah Dan Volume Lalu Lintas. Fakultas Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Metro Lampung.

M. Das, Braja. (2015). Mekanika Tanah. Jakarta : Erlangga.

Modul Diklat Teknis JALAN, (2005).

Napitu, WS. (2006). (Jurnal), Faktor Perusak (Angka Ekivalen) Beban Sumbu Kendaraan.

Nasrullah. (2022). (Skripsi), Analisis Daya Dukung Tanah Lapisan Pondasi Jalan Pada Proyek Jalan Tol Tebing Tinggi Parapat Tahap1 (Zona 1). Fakultas Teknik Universitas Medan Area.

Permatasari, S. (2018). (Jurnal), Analisis Kepadatan Tanah Mengunakkan Alat DCP (Dynamic Cone Penetrometer) Di Desa Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu. Politeknik Kota Baru.

Yusuf, RP. (2018). Mekanika Tanah. Jakarta : Erlangga.

Sukirman, Silvia. (1999). Perkerasan Lentur Jalan Raya. Bandung : Nova.

Sukirman, Silvia. (2003). Penyebab Kerusakan Perkerasan Lentur Jalan. Bandung : Nova.

SNI 03-2417-1997, (1997). Berat Jenis Semu (Apparent Specific Grafity).

SNI 03-1744-1989, (1989). Nilai Standar Yang Di Izinkan Untuk Subgrade Jalan.

Witczak. (2009). Pripinciles Of Pavement Design. Interscience Publication, New York.

https://dpupr. grobongan.go.id

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Laide, S. ., Riduan, & Hariyami, D. (2023). ANALISIS KERUSAKAN PERKERASAN JALAN DI TINJAU DARI DAYA DUKUNG TANAH DAN VOLUME LALU LINTAS. SIPARSTIKA: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik , 3(1), 36–48. https://doi.org/10.55114/siparstika.v3i1.617