Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Penerimaan Diri Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB Negeri Molino

Penulis

  • Asnarita Nento FKIP Universitas tompotika Luwuk Banggai
  • Awaldin Lambause

DOI:

https://doi.org/10.53090/sellan.v1i2.702

Kata Kunci:

dukungan sosial, penerimaan diri

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial

terhadap penerimaan diri orangtua anak berkebutuhan khsusus di SLB Negeri

Molino. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah

populasi sama dengan jumlah sampel yaitu sebanyak 71 orang. Penelitian ini

menunjukkan tiga hasil. Pertama, tingkat dukungan sosial orangtua anak

berkebutuhan khusus di SLB Negeri Molino berada pada kategori sedang dengan

prosentase 48%. Kedua, tingkat penerimaan diri orangtua anak berkebutuhan

khusus di SLB Negeri Molino mayoritas berada pada kategori sedang dengan

prosentase 75%. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan antara dukungan sosial

terhadap penerimaan diri yang dapat dilihat dari nilai signifikan yaitu 0,000 ˂ 0,05

sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima. Berdasarkan hasil uji regresi

linear sederhana, diperoleh nilai R Square sebesar 0,326. Hal ini menunjukkan

bahwa dukungan sosial memiliki pengaruh efektif sebesar 32,6% terhadap

penerimaan diri. Hasil penelitian ini digunakan sebagai rujukan bahwa masih

terdapat orangtua ABK di SLB Negeri Molino yang masih perlu meningkatkan

dukungan sosial.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdushomad, Alwazir. (2020). Penerapan Sidat Qanaah dalam Mengendalikan Hawa Nafsu Duniawi. Jurnal Asy-Syukriyyah. Vol 21 (1)

Andarul, M. T. (2020). Proses Penerimaan Orang Tua Yang Memiliki Anak Dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) (Doctoral dissertation, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang).

Ardilla, F., & Herdiana, I. (2013). Penerimaan Diri pada Narapidana Wanita.

Fakultas Psikologi, Universitas Airlangga, Surabaya, 2(01).

Bachtiar, Alam. (2020). Obat Minder. Yogyakarta : Arsak

Baran, S., Teul-Swiniarska, I., Dzieciolowska-Baran, E., Lorkowski, J., & Gawlikowska-Sroka, A. (2013). Mental health of Polish students and the occurrence of respiratory tract infections. Advances in Experimental Medicineand Biology, 755, 275–281. https://doi.org/10.1007/978-94-007- 4546-9_35

Dermawan, O. (2018). Strategi Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Slb. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 886–897. https://doi.org/10.15575/psy.v6i2.2206

Fahmeyzan, D., Soraya, S., & Etmy, D. (2018). Uji Normalitas Data OmzetBulanan Pelaku Ekonomi Mikro Desa Senggigi dengan Menggunakan Skewness dan Kurtosi. Jurnal VARIAN, 2(1), 31–36. https://doi.org/10.30812/varian.v2i1.331

Handayani, M. M., Ratnawati, S., Helmi, A. F., & Mada, U. G. (2015). Efektifitas Pelatihan Pengenalan Diri Terhadap Peningkatan Penerimaan Diri Dan HargaDiri. Jurnal Psikologi (Yogyakarta), 25(2), 47–55. https://doi.org/10.22146/jpsi.7504

Idhartono, Amelia Rizky. (2021). Pembelajaran Seni Musik dan TariAnak Berkebutuhan Khusus. Penerbit Insan Cendekia Mandiri

Ilhami, Rezki Haris. (2020). Pengaruh Dukungan Sosial dan Penerimaan Diri terhadap kepercayaan Diri Anggota Komunitas Psychoworld (Skripsi). Malang : UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Irwan. (2018). Etika dan Perilaku Kesehatan. Penerbit Absolute Media Jumliadi, Arsyam, M., & Alwi, M. S. (2020). Strategi Komunikasi Pembelajaran

Di Rumah Dalam Lingkungan Keluarga Masa Pandemi. KOMUNIDA : Media Komunikasi Dan Dakwah, 10(02), 231–241. https://doi.org/10.35905/komunida.v7i2.http

Khusus, B., Rani, K., Rafikayati, A., Muhammad, ), Jauhari, N., Mahasiswa, ),Pogram, D., Pendidikan, S., Fkip, K., Pgri, U., & Surabaya, A. B. (2018).Keterlibatan Orangtua Dalam Penanganan Anak. Juli, 02(1)

Diterbitkan

2024-07-31

Cara Mengutip

Nento, A., & Lambause, A. (2024). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Penerimaan Diri Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB Negeri Molino. SELLAN : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 52–58. https://doi.org/10.53090/sellan.v1i2.702

Terbitan

Bagian

Articles