Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Penerimaan Diri Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB Negeri Molino
DOI:
https://doi.org/10.53090/sellan.v1i2.702Kata Kunci:
dukungan sosial, penerimaan diriAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial
terhadap penerimaan diri orangtua anak berkebutuhan khsusus di SLB Negeri
Molino. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah
populasi sama dengan jumlah sampel yaitu sebanyak 71 orang. Penelitian ini
menunjukkan tiga hasil. Pertama, tingkat dukungan sosial orangtua anak
berkebutuhan khusus di SLB Negeri Molino berada pada kategori sedang dengan
prosentase 48%. Kedua, tingkat penerimaan diri orangtua anak berkebutuhan
khusus di SLB Negeri Molino mayoritas berada pada kategori sedang dengan
prosentase 75%. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan antara dukungan sosial
terhadap penerimaan diri yang dapat dilihat dari nilai signifikan yaitu 0,000 ˂ 0,05
sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima. Berdasarkan hasil uji regresi
linear sederhana, diperoleh nilai R Square sebesar 0,326. Hal ini menunjukkan
bahwa dukungan sosial memiliki pengaruh efektif sebesar 32,6% terhadap
penerimaan diri. Hasil penelitian ini digunakan sebagai rujukan bahwa masih
terdapat orangtua ABK di SLB Negeri Molino yang masih perlu meningkatkan
dukungan sosial.
Unduhan
Referensi
Abdushomad, Alwazir. (2020). Penerapan Sidat Qanaah dalam Mengendalikan Hawa Nafsu Duniawi. Jurnal Asy-Syukriyyah. Vol 21 (1)
Andarul, M. T. (2020). Proses Penerimaan Orang Tua Yang Memiliki Anak Dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) (Doctoral dissertation, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang).
Ardilla, F., & Herdiana, I. (2013). Penerimaan Diri pada Narapidana Wanita.
Fakultas Psikologi, Universitas Airlangga, Surabaya, 2(01).
Bachtiar, Alam. (2020). Obat Minder. Yogyakarta : Arsak
Baran, S., Teul-Swiniarska, I., Dzieciolowska-Baran, E., Lorkowski, J., & Gawlikowska-Sroka, A. (2013). Mental health of Polish students and the occurrence of respiratory tract infections. Advances in Experimental Medicineand Biology, 755, 275–281. https://doi.org/10.1007/978-94-007- 4546-9_35
Dermawan, O. (2018). Strategi Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Slb. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 886–897. https://doi.org/10.15575/psy.v6i2.2206
Fahmeyzan, D., Soraya, S., & Etmy, D. (2018). Uji Normalitas Data OmzetBulanan Pelaku Ekonomi Mikro Desa Senggigi dengan Menggunakan Skewness dan Kurtosi. Jurnal VARIAN, 2(1), 31–36. https://doi.org/10.30812/varian.v2i1.331
Handayani, M. M., Ratnawati, S., Helmi, A. F., & Mada, U. G. (2015). Efektifitas Pelatihan Pengenalan Diri Terhadap Peningkatan Penerimaan Diri Dan HargaDiri. Jurnal Psikologi (Yogyakarta), 25(2), 47–55. https://doi.org/10.22146/jpsi.7504
Idhartono, Amelia Rizky. (2021). Pembelajaran Seni Musik dan TariAnak Berkebutuhan Khusus. Penerbit Insan Cendekia Mandiri
Ilhami, Rezki Haris. (2020). Pengaruh Dukungan Sosial dan Penerimaan Diri terhadap kepercayaan Diri Anggota Komunitas Psychoworld (Skripsi). Malang : UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Irwan. (2018). Etika dan Perilaku Kesehatan. Penerbit Absolute Media Jumliadi, Arsyam, M., & Alwi, M. S. (2020). Strategi Komunikasi Pembelajaran
Di Rumah Dalam Lingkungan Keluarga Masa Pandemi. KOMUNIDA : Media Komunikasi Dan Dakwah, 10(02), 231–241. https://doi.org/10.35905/komunida.v7i2.http
Khusus, B., Rani, K., Rafikayati, A., Muhammad, ), Jauhari, N., Mahasiswa, ),Pogram, D., Pendidikan, S., Fkip, K., Pgri, U., & Surabaya, A. B. (2018).Keterlibatan Orangtua Dalam Penanganan Anak. Juli, 02(1)
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Asnarita Nento, awaldin lambause
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.