PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMA NEGRI 2 BULAGI UTARA KAB.BANGGAI KEPULAUAN

IMPLEMENTATION OF TUTORING SERVICES FOR CLASS X STUDENTS OF SMA NEGERI 2 BULAGI UTARA KAB.BANGGAI KEPULAUAN

Penulis

  • ARIFAH DUNGGIO

Kata Kunci:

layanan, bimbingan, belajar

Abstrak

ABSTRAK

 

                Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan belajar di SMA dan kendala-kendalanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi dan hambatan penerapan layanan bimbingan belajar di kelas X SMA N 2 Bulagi Utara

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, objek penelitiannya adalah guru kelas X. Alat penelitian yang digunakan adalah wawancara, catatan, observasi, catatan lapangan dan angket. Langkah analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Keabsahan data melalui pengujian reliabilitas meliputi triangulasi teknis, yaitu menguji data dari sumber yang sama dengan menggunakan teknik yang berbeda.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru belum membangun program layanan bimbingan belajar. Layanan bimbingan belajar diberikan oleh guru sesuai dengan pemahamannya. Layanan bimbingan belajar yang diberikan oleh guru dianggap sebagai  bentuk dukungan kepada siswa untuk mencapai hasil belajar sesuai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam melaksanakan layanan bimbingan belajar, guru menghadapi kendala antara lain keterbatasan pengetahuan, waktu dan keterampilan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Achmad J. Nurihsan. 2003. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Bandung: Mutiara

Achmad J. Nurihsan & Sudianto. 2005. Manajemen Bimbingan Konseling di SD/MI Kurikulum 2004. Jakarta: Grasindo.

Bimo Walgito. 2004. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta: Andi Offset.

Depdikbud. 1994. Pedoman Bimbingan dan Penyuluhan Siswa di Sekolah Dasar.

Jakarta: Dirjen Dikdasmen Dirpendas.

Dewa Ketut Sukardi. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Emzir. 2012. Metodologi Peneitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers.

Erman Amti dan Marjohan. 1991. Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Dirjen Dikti.

Fenti Hikmawati. 2011. Bimbingan Konseling. Jakarta: Rajagrafindo Persada Gendon Barus dan Sri Hastuti. 2011. Kumpulan Modul Pengembangan Diri.

Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014.

Prayitno. 1997. Pelayanan Bimbingan dan Konseling Sekolah Dasar. Padang: PT. Ikrar Mandiri Abadi.

Prayitno, dkk. 2004. Pedoman Khusus Bimbingan Konseling. Jakarta: Depdiknas. Prayitno & Erman Amti. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta:

Rineka Cipta.

Restu Widi Kartiko. 2010. Asas Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu. Sugiyono. 2008. Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.

Jakarta: Rineka Cipta.

Sukandarrumidi.2006. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sunaryo Kartadinata, dkk. 1998. Bimbingan di Sekolah Dasar. Bandung: Depdikbud.

S. Nasution. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Tohirin. 2009. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Rajawali Pers

Diterbitkan

2024-01-16

Cara Mengutip

DUNGGIO, A. (2024). PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMA NEGRI 2 BULAGI UTARA KAB.BANGGAI KEPULAUAN: IMPLEMENTATION OF TUTORING SERVICES FOR CLASS X STUDENTS OF SMA NEGERI 2 BULAGI UTARA KAB.BANGGAI KEPULAUAN. SELLAN : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 22–26. Diambil dari https://ojs.untika.ac.id/index.php/sellan/article/view/598

Terbitan

Bagian

Articles