Pengaruh Kualitas Produk Kopi Kapal Api terhadap Kepuasan Konsumen di Desa Talima B, Kecamatan Balantak
Keywords:
kopi, kualitas produk, kepuasan konsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk Kopi Kapal Api terhadap kepuasan konsumen. Penarikan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 45 responden. Metode analisis yang digunakan adalah Regresi Linear Sederhana. Pengujian koefisien regresi ditunjukan oleh hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y=1,624+0,639X, menunjukan kualitas produk mempunyai arah koefisien terhada kepuasan konsumen dengan nilai 0,639 berarti jika variabel X mengalami kenaikan sebesar satu satuan maka variabel Y mengalami kenaikan 0,639 dengan ketentuan variabel lainnya adalah konstan. Nilai persamaan koefisien korelasi R=0,588 artinya terdapat korelasi sedang antara variabel X terhadap variabel Y. Dengan perhitungan regresi yaitu nilai koefisien determinasi (R2)=0,346 dimana 34,6 % wariasi kepuasan konsumen yang dapat dijelaskan oleh variabel X, sedangkan sisanya 65,4 % diterangkan variabel lain yang tidak diajukan dalam penelitian ini. Berdasarkan uji t nilai t-hitung 4,765 > t-tabel =2,01669 artinya menolak hipotesis nol (H0) dan menerima (Ha) yakni variabel kualitas produk mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen pada produk Kopi Kapal Api di Desa Talima B, Kecamatan Balantak.