MUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI MAAHAS KABUPATEN BANGGAI
DOI:
https://doi.org/10.53090/syiila.v2i1.850Keywords:
Pendidikan Karakter, Pembelajaran TematikAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Muatan Pendidikan Karakter pada
pembelajaran tematik di SD Negeri Maahas Kabupaten Banggai, Metode penelitian yang di
gunakan adalah metode penelitian kualitatif dan di ungkap secara deskriptif. Metode
kualitatif dipilih peneliti dengan alasan permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini
tidak berkenaan dengan angka–angka tapi mendeskripsikan, menguraikan dan
menggambarkan mengenai Muatan Pendidikan Karakter pada pembelajaran tematik. Hasil
penelitian menunjukan bahwa: Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan
dengan berbagai pihak maka muatan pendidikan karakter pada pembelajaran tematik di SD
Negeri Maahas Kabupaten Banggai kepada peserta didik dapat dikatakan sudah berjalan
dan terimplementasikan dengan baik. Hal ini terwujud karena muatan pendidikan karakter
pada pembelajaran tematik di SD Negeri Maahas Kabupaten Banggai yang dilaksanakan
sudah dijalankan dengan baik oleh guru maupun peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan
semakin meningkatnya kesadaran peserta didik tentang penting pendidikan karakter dan
tetap melaksanakan pembelajaran tematik dengan baik sesuai aturan yang dikeluarkan oleh
pemerintah lebih khusunya lagi bagi pihak sekolah dan secar teknis dilaksanakan oleh guru
mata pelajaran masing-masing sehingga berjalan dengan baik dan lancar.
Downloads
References
Dina Maharani, Asrori, Sulistyarini. (2018). Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran
Tematik Di Sekolah Dasar Pontianak Barat.
Kementrian Pendidikan Nasional. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter
Bangsa, Jakarta, Badan Penelitian Pengembangan Pusat Kurikulum.
Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moleong (2019) Metodologi penelitian kualitatif. Remaja rosada karya. Bandung
Pebriana dkk ( 2017). Peningkatan proses Pembelajaran Tematik Dengan Model Kooperatif Tipe
TGT di Kelas III SD Negeri 18 Langgini Bangkinang. Jurnal Basicedu. Vol. No 1. (hlm.
-61)
Samani, M. & Hariyanto. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Saptono (2012). Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter wawasan, Strategi, dan langkah praktis.
Jakarta: Erlangnga.
Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Trianto. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka
Yahya Khan (2010). Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri Mendongkrak Kualitas Pendidikan.
Yogyakarta: Pelangi Publishing
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yudiansyah Mbani; MUKHLISH LAADI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.