ANALISIS PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PKN DI SMP NEGERI 2 MAMOSALATO KABUPATEN MOROWALI UTARA

Authors

  • ABDUL RAHMAN RAHMAN RAHMAN
  • M. Jayadin Ilham

Keywords:

Motivasi Belajar

Abstract

Motivasi belajar perlu ditingkatkan untuk mimicu aktivitas belajar, namun untuk meningkatkan motivasi belajar diperlukan informasi awal  penyebab rendahnya motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab rendahnya motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 2 Mamosalato kabupaten Morowali Utara. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan mengabil subjek kepala sekolah, guru dan peserta didik diperoleh data dan hasil analisinya bahwa peserta didik yang motivasi belajarnya rendah memiliki tingkat kecemasan tinggi terutama ketika saat bertemu dengan guru, saat diberi tugas oleh guru, dan saat tugas belum diselesaikan,  memiliki sikap tidak suka, tidak tertarik dan tidak senang pada pembelajaran PKn, dan tidak menyukai dirinya dikelompokkan dalam kelompok belajar yang heterogen, karakter rasa ingin tahu tentang pelajaran PKn berkurang, tidak yakin atas kemampuan yang dimilikinya, termasuk  kekuatan pengaruh lingkungan sekolah dan lingkungan luar sekolah  tidak dapat membantu peserta didik tersebut untuk meraih keinginannya, bersikap pasrah dengan nilai belajar rendah tanpa ada usaha untuk memperbaiki, tidak yakin akan mampu mengendalikan perasaannya sendiri, dan tidak suka dengan gaya mengajar menggunakan metode kelompok yang selalu memberikan tugas-tugas kelompok karena mereka merasa bosan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penyebab rendahnya motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 2 Mamosalato adalah kecemasan yang terlalu tinggi, sikap tidak suka pada metode yang diterapkan dalam pembelajaran PKn, dorongan ingin tahu rendah, tidak ada keyaninan akan kemampuan diri sendiri dan lingkungan serta bersikap pasrah tanpa ada usaha dalam diri. Disarankan agar sekolah mengupayan guru terutama guru BK aktif dalam memberikan layanan bimbinangan untuk mengembalikan kepercayaaan diri peserta didik sebagai upaya dalam meningkatkan motivasi belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta: P.T Rineka Cipta

Azwar, Saifuddin. (2004). Pengantar Psikologi Inteligensi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Bungin, Burhan. (2003). Analisis Data Penelitian Kualitatif . Jakarta: PT Raja. Grafindo Persada.

Cholisin. (2000). IKN-PKN. Penerbit Universitas Terbuka. Jakarta

Depdiknas. (2002). Kurikulum dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewarganegaraan. Jakarta: Pusat Kurikulum.

Depdiknas. (2003). Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian. Depdiknas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Umum.

Djamarah, Syaiful Bahri (2004). Psikologi Belajar. Banjarmasin : Rineka Cipta.

Elliot, Stephen N dkk (2008). Educational Psychology (Effective Teaching Effective Learning). Singapore: McGraw-Hill.

Hakim, Thursan. (2001). Belajar Secara Efektif. Jakarta. Puspasari. Irawan,

Hamalik, Oemar. (2002). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Handoko, Martin. (2002). Motivasi daya penggerak tingkah laku. Yogyakarta: Kanisius

Kardiyat Wiharyanto. (2004). Indonesia dalam Abad XIX, Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma

Moloeng, Lexy J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Permendiknas No. 22 tahun 2006 Tentang Standar Isi Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Prasetyo, dkk. (2006). Teori Belajar, Motivasi dan Keterampilan Mengajar, Jakarta. Universitas Terbuka.

Purwanto, Ngalim. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sardiman, A. M (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grapindo Persada.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: diperbanyak oleh Sinar Grafika.

Uno, Hamzah, (2004). Teori Motivasi dan Aplikasinya Dalam Penelitian. Gorontalo: Nurul Janna

Downloads

Published

2024-01-26

Issue

Section

Articles