Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dengan Metode Belajar dan Bermain Pada Tema Kerjasama Dalam Keragaman Kelas IV SDN Poroan

Authors

  • m. Jayadin Ilham Universitas Tompotika Luwuk Banggai

Keywords:

Metode Belajar Sambil Bermain, Motivasi Belajar Peserta Didik

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Tema Tentang Kerjasama Dalam Keragaman Di Kelas IV SDN Poroan. Subjek penelitian adalah peserta didik berjumlah 10 orang. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan 1 siklus. Rancangan penelitian tindak kelas ini mengacu pada model pembelajaran Spiral Kemmis dan Taggrat menurut Arikunto yang dilakukan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Berdasarkan hasil tes tindakan, terjadi peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik. Mulai dari tes siklus I sampai tes akhir tindakan siklus II. Peningkatannya dapat dilihat dari 62,13% pada siklus I menjadi 90,13% pada siklus II. Sedangkan untuk hasil belajar PPKn pada siklus I mencapai 62,50% meningkat pada siklus II mencapai 90,50%. Untuk hasil observasi peserta didik dan guru terjadi peningkatan dari sikus I sampai sikus II. Peningkatan hasil observasi peserta didik dapat diihat dari 70,83% pada sikus I menjadi 95,77% pada siklus II,dan peningkatan hasil observasi guru dapat dilihat dari 77,78% dari sikus I menjadi 97,22% pada siklus II. Hal ini menunjukan bahwa Penggunaan Metode Belajar Sambil Bermain Pada Pembelajaran Tema Tentang Kerjasama Dalam Keragaman Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Kelas IV SDN Poroan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

---------------. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta

Alwi, Usman dkk. 2017. Strategi pembelajaran, makassar : fakultas Ilmu pendidikan.

Universitas negeri Makassar.

Aliya. 2016. peningkatan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV Meggunakan Metode Permainan

Carf, Anna. 2016. Membangun Kreativitas Anak. Depok : inisiasi Press.

Djamarah, Syaiful Bahri. Dan Aswan Zain. 2016. Strategi belajar mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Djaali. 2017. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Iis Aprina Wati. 2017. penggunaan Metode Permainan menggunakan media kartu Domino Bilangan Untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 013 Tampan Marpoyan Damai

Imam Musbikin. 2016. Mendidik Anak Kreatif Ala Einstein. Yokyakarta: Mitra Pustaka. Winardo Surakhmad. 2017. Pengantar Interaksi Mengajar-Belajar, Dasar Dan Teknik metodologi Pengajaran. Bandung : Tarsito

Sardiman. 2019. Interaksi dan motivasi balajr mengajar. Raja Grafindo Persada. Jakarta Sugiono. 2019. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya Suryabrata. 2017. Metode Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Purwanto. 2017. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Undang-Undang no 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Penerbit Cemerlang.

Downloads

Published

2024-01-26

Issue

Section

Articles