PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP TOLERANSI PESERTA DIDIK PADA TEMA NILAI-NILAI PANCASILA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI DI KELAS V SD INPRES LEOKNYO LUWUK UTARA

APPLICATION OF THE ROLE PLAYING METHOD IN DEVELOPING STUDENTS' TOLERANT ATTITUDE ON THE THEME OF PANCASILA VALUES IN DAILY LIFE IN CLASS V OF INPRES LEOKNYO PRIMARY SCHOOL LUWUK UTARA

Authors

  • m. Jayadin Ilham Universitas Tompotika Luwuk Banggai
  • Ahmadin Lanuhu
  • Abdul Rahman

DOI:

https://doi.org/10.53090/syiila.v2i1.1011

Keywords:

Metode Bermain Peran, Sikap Toleransi, Nilai-nilai Pancasila

Abstract

 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Penerapan metode bermain peran dalam mengembangkan sikap toleransi peserta didik pada tema nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari di kelas V SD Inpres Leoknyo Luwuk Utara. Subjek penelitian adalah peserta didik berjumlah 24 orang. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Rancangan penelitian tindak kelas ini mengacu pada model pembelajaran Spiral Kemmis dan Taggrat menurut Arikunto yang dilakukan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Berdasarkan hasil tes tindakan, terjadi peningkatan motivasi belajar Peserta Didik. Mulai dari tes siklus I sampai tes akhir tindakan siklus II. Peningkatannya dapat dilihat dari 68,75% pada siklus I menjadi 86,25% pada siklus II. Untuk hasil observasi peserta didik dan guru terjadi peningkatan dari sikus I sampai sikus II. Peningkatan hasil observasi peserta didik dapat diihat  dari 75% pada sikus I menjadi   96,36% pada siklus II,dan peningkatan hasil observasi guru dapat dilihat dari 77,78% dari sikus I menjadi 97,22% pada siklus II. Hal ini menunjukan bahwa peningkatan penerapan metode bermain peran dalam mengembangkan sikap toleransi peserta didik pada tema nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari di kelas V SD Inpres Leoknyo Luwuk Utara.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta

Akhwani dan Moh Wahyu Kurniawan.(2021). Potret Sikap Toleransi Mahasiswa Keguruan dalam Menyiapkan Generasi Rahmatan Lil Alamin. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 Nomor 3 Tahun 2021 Halm 890-899.

Kemdiknas. (2020). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, pedoman sekolah. Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Roestiyah. (2018). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Sapriya, dkk. (2017). Pengembangan IPS di SD. Bandung: UPI Press.

Supriyanto, Agus, Amien Wahyudi. (2017). Skala Karakter Toleransi, Jurnal Ilmiah Consellia, Vol.7, No.2, hlm.65.

Wahab, A.A. 2017. Metode dan model-model mengajar. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2025-05-15

Issue

Section

Articles