PEMANFAATAN MANAJEMEN SISTEM TRANSPORTASI UNTUK MENGATASI KEMACETAN LALU LINTAS DI BANGGAI LAUT
https://doi.org/10.55114/siparstika.v4i1.764
Abstract
Penduduk Indonesia tergolong ke dalam jumlah yang besar dan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, dengan semakin tingginya pertumbuhan penduduk semakin tinggi pula tingkat transportasi yang berada di dalam negeri. Pertambahan dan penambahan lebar jalan tidak pernah dilakukan sementara kendaraan bertambah terus hanya dengan mengandalkan transportasi yang ada pada setiap tahunnya. Di Kabupaten Banggai Laut sangat rentan terjadi kemacetan di beberapa titik jumlah kendaraan yang selalu bertambah dari tahun ketahun, dengan infrastruktur yang kurang memadai merupakan pendorong kemacetan dalam jam-jam tertentu adapun kondisi geografis di Kabupaten Banggai Laut yang terbilang cukup unik menjadi hambatan tersendiri dalam membangun infrastruktur transportasi. Penelitian ini menggunakan metode Panduan Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2014) untuk mengetahui kapasitas, dan volume, pada setiap ruas jalan yang di teliti, Nilai derajad kejenuhan di ruas jalan kabupaten banggai laut dari Jalan Mampaliasan, Jalan Beringin, Jalan Mutiara dan Jalan R. Soak berada di Level B = 0,20 – 0,44 yaitu Arus stabil, tetapi kecepatan operasi mulai dibatasi oleh kondisi lalu lintas, pengemudi memiliki kebebasan untuk memilih kecepatan.
Dengan kondisi arus masih stabil akan tetapi jadi perhatian ditahun ketahun yang akan datang perlu adanya upaya peningkatan kinerja lalu lintas, seperti penerapan jalur yang telah terterah rambu-rambu di jalan agar transportasi tetap tertip untuk mengurangi resiko kemacetan untuk ruas Jalan Mutiara area pasar tua perlu di adakan tempat khusus untuk kendaraan seperti taxi (mikrolet), bentor dan lain-lain agar menaik turunkan penumpang tidak menggunakan sebagian jalan karena akan mengurangi kapasitas jalan
Downloads
References
BPS, (2021), Kabupaten Taliabu dalam Angka
Data Pengujian Lapangan dan Perhitungan CBR,Tanah Dasar, PT.Rayan Khairan Pratama, (2023).
Data Survei Lalu lintas Harian Rata-Rata (LHR), PT.Rayan Khairan Pratama (2023).
Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga, 2017, Manual Desain Perkerasan Jalan Nomor 04/ SE/ Db/ 2017. Jakarta.
Kementrian Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Binamarga, Manual Desain Perkerasan Jalan Nomor.02/M/BM/2013. Jakarta.
Mantiri, C, et al. (2019). Analisis Tebal Perkerasan Lentur dengan Metode M.DP. Jurnal Sipil Statik Vol. 7 No, 10.
Sukirman S,( 1995) Perkerasan Lentur Jalan Raya, Penerbit Nova-Bandung.
Mardianus, (2013). Analisis Tebal Perkerasan Lentur dengan Metode M DP 2017.
Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota, Nomor: 038/TBM/1997
Undang-Undang Nomor: 38 Tahun 2004 Tentang Jalan
Undang-Undang Nomor: 22 Tahun 2009 Tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Riduan, Syaiful Bahri Syam, Purnomo S. Hadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.