ANALISA KELAYAKAN PANJANG DERMAGA DAN SANDAR KAPAL DI PELABUHAN BANGGAI LAUT KABUPATEN BANGGAI LAUT

https://doi.org/10.55114/siparstika.v3i2.694

Authors

  • Sri Susilawati

Keywords:

Dermaga, Kapal, Pelabuhan.

Abstract

Pelabuhan Banggai Laut merupakan pelabuhan ekspor terbesar bagi Kabupaten Banggai Laut yang memiliki luas wilayah 86,95 km². Pelabuhan Banggai Laut terletak di Kecamatan Banggai dan merupakan sarana transportasi laut dalam menghubungkan beberapa wilayah yang ada di Kabupaten Banggai Laut dan di luar wilayah kabupaten Banggai Laut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kapasitas dari panjang dermaga untuk melayani kapal-kapal yang bersandar di Pelabuhan Banggai Laut, serta untuk mengetahui kelayakan panjang dermaga dan sandar kapal di Pelabuhan Banggai Laut. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan ukuran kapal yang tambat di hari senin yaitu 79,01 meter, 60,70 meter, 64,32 meter, 45,02 meter dan 44,70 meter. Maka untuk melakukan sandar dengan ukuran kapal tersebut tidak boleh melebihi dua kapal atau dengan kata lain kapal sandar hanya diperbolehkan untuk dua kapal saja. Lain halnya dengan kapal yang tambat di hari jumat, seperti terlihat pada perhitungan yang ke lima yaitu dengan ukuran kapal 51 meter dan 37,75 meter dapat melakukan sandar pada dermaga pelabuhan Banggai Laut yaitu hari senin 5 kapal, selasa 3 kapal, rabu 3 kapal, kamis 4 kapal, jumat 2 kapal, sabtu 4 kapal, minggu 4 kapal (Rentang waktu 07.00 – 21.00). dan tambat kapal menggunakan dua tipe sandar kapal yaitu sandar posisi memanjang dan posisi sandar tegak lurus. Dari pengolahan data  jumlah kapal  yang tambat  begitu banyak dan kondisi pelabuhan yang sekarang maka untuk itu perlu adanya penambahan  panjang dermaga di pelabuhan Banggai Laut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akmal Akmal, Aris Munandar (2018) Skripsi “Analisis Kelayakan Dimensi Dermaga Pelabuhan Jetty Ujong Kareung Kabupaten Aceh Barat”.

Direksi Pelabuhan Belawan. 2007. Pelabuhan Belawan / Port Of Belawan. Medan: PT (Persero) Pelabuhan Indonesia I Cabang Belawan.

I Putu Arsana, dkk (2017) . Manajemen Prasarana Pelabuhan Peti Kemas.

Fender dan Penambat (2019-2020) Genap_UNIVERSITAS BINA DARMA.

Fauzi, Ilgar and Asyifa, Adwiyah (2019) Skripsi “Analisis Kelayakan Ukuran Panjang Dermaga Dan Lapangan Penumpukan (Dermaga Batu Bara Pelabuhan Tanjung Intan)”.

Nasution, M. Nur. 2004. Manajemen Transportasi. Edisi 2. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Purwaka, 1993. Pelayaran Antar Pulau Indonesia. Pusat Studi Wawasan Nusantara, Hukum dan Pembangunan bekerja sama dengan Bumi Aksara.

Perencanaan Pelabuhan. DR. Ir. Bambang Triatmodjo. CES. DUA. Beta OfTet 1996.

Salaim, H. A. Abbas.1995. Manajemen Transportasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sjahril, SJ. Aen.Drs. 1993. Terminologi Dan Rumusan Performansi (Kinerja) Pelabuhan. Belawan: PT. (Persero) Pelabuhan Indonesia I Cabang Belawan.

Sugita, I. W., Kasim, A. H. dan Arsana, I. P. J., 2006. Pedoman Penyusunan Laporan Tugas Akhir. Fakultas Teknik Sipil Universitas Tompotika Luwuk.

Sahdan Amiron, Faisal (2009) “Analisa Kelayakan Ukuran Panjang Dermaga, Gudang Bongkar Muat Barang Dan Sandar Kapal.

Triatmodjo (1992). Pengertian Pelabuhan. Erlangga, jakarta.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Susilawati, S. (2024). ANALISA KELAYAKAN PANJANG DERMAGA DAN SANDAR KAPAL DI PELABUHAN BANGGAI LAUT KABUPATEN BANGGAI LAUT. SIPARSTIKA: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik , 3(2), 55–65. https://doi.org/10.55114/siparstika.v3i2.694