ANALISA RISIKO KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA TERHADAP KECELAKAAN KERJA PADA PERTAMBANGAN MINYAK DAN GAS BUMI (STUDI KASUS : PT. PERTAMINA EP CEPU DONGGI MATINDOK FIELD)

https://doi.org/10.55114/siparstika.v3i2.693

Authors

  • putu suartana UNiversitas Tompotika Luwuk

Keywords:

Fault Tree Analisis, Kesehatan, Risiko

Abstract

Banyaknya penyerapan tenaga kerja untuk produksi gas dan minyak bumi menjadikan risiko kecelakaan kerja menjadi hal yang harus di perhatikan. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Pertamina EP Cepu Donggi Matindok Field, kelurahan nonong kecamatan Batui kabupaten Banggai. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa tentang risiko kecelakaan kerja pada industri tersebut. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, kuantitatif, dengan Alat analisis yang digunakan yaitu Fault Tree Analysis (FTA). Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa terdapat 72 aktivitas risiko kecelakaan kerja. 3% untuk kategori rendah, 23% untuk kategori sedang, dan 73% untuk kategori tinggi. sehingga didapatkan penyebabnya yaitu, Tidak waspada, Kurang konsentrasi, Mengabaikan rambu, APD tidak layak pakai, Kurangnya alat pengaman, Penggunaan alat kurang safety, tidak menggunkan APD khusus, tidak ada peringatan, pihak safety lalai, pekerja tidak mengerti, latar belakang pendidikan, Melewati area terlarang, tidak memperhatikan arah angin, dan mengabaikan kebocoran kimia. Oleh karena itu penanganan dan pencegahan dilakukan dari segi tindak mitigasi, engineering control, peraturan serta safety. Terdapat 53 potensi risiko yang di kategorikan tinggi, kemudian selanjutnya mencari penyebab dari suatu risiko kecelakaan kerja yang di kategorikan tinggi untuk menganalisa pencegahan dan penanganannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayomi, Ginas (2022). Mengenal Metode FTA (Fault Tree Analysis) dalam Menganalisis Kecacatan Suatu Produk. Artikel Laboratorium Analisis Data dan Rekayasa Kualitas: Universitas Brawijaya. Diakses tanggal 07 September 2023 dari: https://lab_adrk.ub.ac.id/id/mengenal-metode-fta-fault-tree-analysis-dalam-menganalisis-kecacatan-suatu-produk/

Google Earth. 2023. Matindok Gas Field pada google earth. tersedia pada: https://www.google.co.id/earth. Diakses pada tanggal 07 september 2023.

Jogloabang. (2020). PP 50 tahun 2012 tentang Penerapan SMK3. Diakses pada tanggal 07 september 2023 dari : https://www.jogloabang.com/ekbis/pp-50-2012-penerapan-smk3

Marta, A. F. D. (2015). Analisis Risiko Kecelakaan Kerja Pada Proyek Pembangunan Apartemen One East Residence Surabaya. Skripsi. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya.

Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 1974 Tentang Pengawasan Pelaksanaan Eksploitasi Minyak Dan Gas Bumi Di Daerah Lepas Pantai.

Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) Nomor 44 Tahun 1960 tentang Pertambangan Minyak Dan Gas Bumi.

Ramli, Soehatman. (2009). Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja OHSAS 18001, Dian rakyat. Jakarta.

Ridley, Jhon. (2003) Kesehatan dan Keselamatan Kerja Edisi ke-3, Erlangga. Jakarta.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

suartana, putu. (2024). ANALISA RISIKO KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA TERHADAP KECELAKAAN KERJA PADA PERTAMBANGAN MINYAK DAN GAS BUMI (STUDI KASUS : PT. PERTAMINA EP CEPU DONGGI MATINDOK FIELD). SIPARSTIKA: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik , 3(2), 38–54. https://doi.org/10.55114/siparstika.v3i2.693