Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacle) Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas VII SMP Negeri 4 Luwuk Timur
Keywords:
Learning Obstacles, Mathematics LearningAbstract
Penelitian ini berfokus untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi hambatan Belajar (Learning Obstacle) siswa dalam pembelajaran matematika dikelas VII SMP Negeri 4 Luwuk Timur. Penelitian ini telah diselenggarakan diSMP Negeri 4 Luwuk Timur tahun ajaran 2024/2025. Metode yang dipakai pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data yang dipakai antara lain observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Berdasarkan temuan dari observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi masih terdapatsiswa yang mengalami hambatan belajar. Diantara hambatan tersebut yaitu pertama, faktor ontogenic obstacle atau kesiapan belajar siswa. Kedua, faktor didactial obstacle atau sistem pengajara guru atau bahan ajar. Ketiga, faktor epistimological obstacle atau keterbatasan pengetahuan siswa. Dengan hasil pengamatan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa hambatan belajar dipengaruhi oleh faktor ontogenic obstacle, didactial obstacle, dan epistemological obstacle.
Downloads
References
Afrila, Hastria. (2017). “Hubungan Kesiapan Dalam Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Matematika Kelas 8 Di MTs Negeri 4 Agam”. Jurnal llmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling.
Ananta, A. R., & Warianto, N. H. (2018). Pengmbangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktiv dengan Pendekatan Konteksstual Materi Lingkaran Kelas 8 SMP. Jurnal PendidikanMatematika.
Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalarn Masa Darurat Covid19. Info Singkat; Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual DanStrategis, XII(7/I), 6.
Febriantika, A. (2020). Kemampuan pemahaman konsep matematik ditinjau dari kompetensi keahlian. Alpha Math : Journal off Mathematic Education, 5(2).
Kustandi,CecepdanSutjipto,Bambang.2011.MediaPembelajaranManualdanDigital.
Bogor:GhaliaIndonesi
Laia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan MasalahMatematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara : Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 07(02).
Muna, Naela Rifatil. (2013). Efektifitas Teknik Self regulation Learning dalam Mereduksi Tingkat Kejenuhan Belajar Siswa di SMA Insan Cindekia Sekarkemuning Cirebon. Jurnal Holistik, Vol. 14 No. 02.
Pratamawatii, A. (2020). Desain Didaktikal dalam Mengatasi Learning Obstacel Siswa Sekolah Menengah Atas pada Materi Fungsi Infers. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3(1), 15-28.
Rao,B.M.(2014). UsetheMediaasanInstructionalTool inEnglishLanguageTeaching(ELT) at Undergraduate Level. International Journal of English and Literature. 5(6).
Rohimah, S. M. (2017). Analisis Learning Obstacles Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika,10(1).
Suyedi, 2019. Hambatan-Hambatan Belajar Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mahasiswa Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Dasar Desain Jurusan Ikk Fpp Unp, dalam GorgaJurnalSeni Rupa, Volume. 08 No. 1 Januari-Juni.
Syah,Muhibin.(2015). PsikologiPendidikan,Jakarta:RajawaliPers.
Yusuf, Y, Neneng Titat, Tuti Yuliawati. (2017). Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacle) Siswa SMP Pada Materi Statistika. Aksioma, (8)1, 76-86.
Zanty, L. S. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Ditinjau Dari Latar Belakang Pilihan Jurusan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Di STKIP Siliwangi Bandung. TEOREMA: Teori Dan Riset Matematika, 1(1), 47.
ZusiHermawati, F. K., & Anugrahni, I. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Dan Keaktifan

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hasman Owuna, Siti Irna Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.