Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Case Study Terhadap Metakognitif Peserta Didik Pada MateriiBarisan Dan Deret

Authors

  • Ellyas Palalas
  • Lakilo Laruli
  • Animan Sabatui

Keywords:

Case Study Learning Methods

Abstract

Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes metakognitif peserta didik pre-test dan post-tes. sedangkan teknik pengelolaan datanya menggunakan uji t dua pihak kiri dan kanan, maka dapat disimpulkan bahwa hasil analisa data yang telah dirumuskan menyatakan bahwa tingkat pengaruh variabel. Dari hasil temuan diperoleh nilai koefisien korelasi (r)  = 0,9767 atau 97,67 % adalah angka positif.  Sedangkan nilai  t hitung = 2,33 > t tabel = 2,048, maka tolak Ho dan terima Ha :   terdapat Pengaruh penggunaan metode pembelajaran case study terhadap metakognitif peserta didik pada materi barisan dan deret di kelas X di SMK Negeri 1 Buko Selatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Corebima, D (2010). Pendekatan BaruiGenetika dari Pendekatan Sejarah Ke Pendekatan Konsep. DisajikaniPada seminar Nasional MIPA Universitas Malang 13 Oktober 2010.

Hentz, P (2017). Overview Of Case StudyiResearch Dalam Chesnay, M. (Eds) QualitativeiDesign and Menthods in Nursing (pp.1-10) New York: spingerpub.com.

Iskandar M. Srini (2014), Pendekatan Keterampilan Metakognitif dalam Pembelajaran Sains idi Kelas, Jurnal Erudio, ISSN: 2302-9021, Vol. 2, No. 2, hlm. 13-20.

Kurniasih, T dan iSani, Maria M. Ratna (2017). Pengaruh Return On Asset, Laverage, Corporate Governance, UkuraniPerusahaandan Konpensasi Rugi Fiskal Pada Tax Avoidance. Buletin Studi Ekonomi Universitas Udayana.

Lestari, Dkk. 2015. Pennelitian Pendidikan. Aditama. Karawang

Moshman, D. (2017) Metacognitive Theories Revisited. DOI 10.1007/s10648-017-94137,EducPsychol Rev, No. 30. 599–606.

Sains dan Aplikasi. 20(2), 99-104. DOI:10.14710/jksa.20.2.99-104

Rosdiani, D (2018). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Schraw, G & Dennison, R. S (1994). Assessing Metacognitive Awareness Contemporaty Educational Psychology, 19, 460-475.

Suprijono, A (2016). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung:: CV Alfabeta

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 20 tahun 2016 tentang standar kompetensi lulusan pendidikan dasar dan menengah.

Downloads

Published

2025-01-22

How to Cite

Palalas, E., Laruli, L., & Sabatui, A. (2025). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Case Study Terhadap Metakognitif Peserta Didik Pada MateriiBarisan Dan Deret. NUMERIC : Jurnal Penelitian Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 1–8. Retrieved from https://ojs.untika.ac.id/index.php/numeric/article/view/845