Tinjauan Gaya Kognitif Terhadap Kesalahan Menyelesaikan Soal Pada Materi Lingkaran Kelas VIII
Keywords:
Analisis kesalahan , gaya kognitifAbstract
Penelitian bertujuan: 1) Mendeskripsikan kesalahan konseptual dan prosedural yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika di tinjau dari gaya kognitif, 2) Mendeskripsikan faktor penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika di tinjau dari gaya kognitif. Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Masama yakni sejumlah 27 siswa. Penentuan subjek penelitian didasarkan pada hasil observasi dan masukan ahli (guru matematika kelas VIII). Jenis penelitian adalah kualitatif dengan metode deksriptif. Alat yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Pendekatan penelitian adalah studi kasus. hasil penelitian yaitu: 1) Kesalahan konseptual dan prosedural terjadi pada siswa yang memiliki gaya Field Dependent (FD) dan siswa yang memiliki gaya Field Inependent (FI) 2) Kesalahan konseptual yang dilakukan siswa di tinjau dari gaya kognitif Field Dependent (HM1):a) Siswa tidak teliti, b) Siswa kurang memahami maksud soal, c) Siswa tidak memperhatikan petunjuk penyelesaian. 3) Kesalahan Prosedural yang dilakukan siswa di tinjau dari gaya kognitif Field Dependent (HM1): a) Siswa kurang memahami konsep dengan baik, b) Siswa tergesa-gesa dalam menyelesaikan soal, c) Siswa Kurangnya memahami aturan dalam menyelesaikan soal, d) Siswa tidak memahami maksud soal.4) Kesalahan konseptual yang dilakukan siswa di tinjau dari gaya kognitif Field Independent (HM1): a) Siswa tidak teliti, b) Siswa ingin menyingkat waktu, 5) Kesalahan Prosedural yang dilakukan siswa di tinjau dari gaya kognitif Field Independent (FI) Siswa tergesa-gesa dalam menyelesaikan soal.
Downloads
References
Aledya, V. (2019). Kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa. May, 0–7.
Arikunto, Suharsimi. (2007). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Farida, N. (2015). Analisis kesalahan siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan masalah soal cerita matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2).
Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sardiman. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja. Grafindo Persada.
Wati, A. F., Setiawan, A., & Anwar, M. S. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 165-1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Edy Wibowo, I Wayan Sudane
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.