Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Self Confidence Peserta Didik

Authors

  • Saipul Lajiba Universitas Tompotika Luwuk Banggai
  • Yuyun Wahyuni Bahrun

Keywords:

Project basedilearning models , self-confidence

Abstract

Penelitiani ini bertujuaniuntukimengetahuiiPengaruh model projectibased learning terhadap  self confidence peserta didik di kelas XI SMK Negeri 1 Buko Selatan, sementara untuk waktu pelaksanaan penelitiannya, Idilaksanakan pada bulan Juni sampai Agustus 2024. Dalamipenelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes self confidence peserta didik. Analisis yangidigunakan adalah uji t signifikansi. berdasarkan hasil analisa data yang telahidirumuskan menyatakan bahwa tingkat pengaruh variabel dalamiHal ini nilai  thitung =  1,81. Denganiderajat  kebebasan (db) = 13 – 1 = 12 dan taraf signifikansi  0,05 = 1,78 sehingga, thitung  kurang  dari pada  ttabel atau 1,81 > 1,78 maka  ada Pengaruh model projectibased learningiterhadap  selficonfidence pesertaididik di kelas XI SMK Negeri 1 Buko Selatan. Dengan demikian hipotesis alternative diterima dan hipotesis nol ditolak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Yunus (2013). Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama

Alpian, Yayan., A, Sri., Wiharti, U., Soleha, N. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Carbohydrate Polymers, 6(1), 5–10.

.

Murfiah, Uum (2017). PembelajaraniTerpadu. Bandung: Departemen FKIP UniversitasiPasundan.

Mindo Juliani Kelly Lubis, FirmaniPangaribuan dan Hardi Tambunan (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Project BasediLearning terhadap Kemampuan KomunikasiiMatematis dan Self Confidence siswa. Journal On Education, 06(02), 14842-14850.

Rahma, A (2017). Pengaruh modeliProject Based Learning (PjBL) Berbasis Teknologi Tepat Guna Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Retensi Kelas X SMAN 14 Bandar LampungiPada Materi Pencemaran Lingkungan. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung:: CV Alfabeta

---------- (2018). Metode Penelitiani Kuantitatif. Bnadung : Alfabeta.

Syam., Asrullah & Amri. 2017. Pengaruh Kepercayaan Diri (self confidence) Berbasis Kaderisasi IMM terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Biotek, 5(1), hal 87-102

Trianto Ibnu Badar Al-Tabany. (2014) Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada kurikulum 2013( kurikulum tematik Integratif). Jakarta: Kencana

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Lajiba, S., & Bahrun, Y. W. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Self Confidence Peserta Didik . NUMERIC : Jurnal Penelitian Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 2(2), 68–73. Retrieved from https://ojs.untika.ac.id/index.php/numeric/article/view/741