Pengaruh metode pembelajaran case study Terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Buko Selatan

Authors

  • Hasman Owuna Pendidikan Matematika Universitas Tompotika Luwuk Banggai
  • melati mbilosos

Keywords:

case study learning method , creative thinking abilities.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Case Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Di Kelas XI Di SMA Negeri 1 Buko Selatan, sementara untuk waktu pelaksanaan penelitiannya, dilaksanakan pada bulan Juni sampai Agustus 2024. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Analisis yang digunakan adalah uji t signifikansi. berdasarkan hasil analisa data yang telah dirumuskan menyatakan bahwa tingkat pengaruh variabel dalam Hal ini nilai  thitung =  2,387. Dengan derajat  kebebasan (db) = 25 – 1 = 24 dan taraf signifikansi  0,05 = 1,708 sehingga, thitung  kurang  dari pada  ttabel atau 2,387 > 1,708 maka  ada P Pengaruh Metode Pembelajaran Case Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Di Kelas XI Di SMA Negeri 1 Buko Selatan. Dengan demikian hipotesis alternative diterima dan hipotesis nol ditolak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali Nurman, Eni Yuniastuti, Mbina Pinem, Nurmala Berutu, M Taufik Rahmadi, Tria Mulia, M Rizky Pratama Ginting, dan Dilvia Saqina (2022). Analisis Penerapan Case method dan team based project dalam kebijakan jurusan di Universitas Negeri Medan. Publikauma: Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area 10(2), 137-143.

Depdikbud dan Umum (2017). Pendidikan luar biasa umum. Jakarta: Dekdikbud

Febriati, Y. Yulia, D. Fatimah, S (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta didik dengan memanfaatkan lingkungan pada mata pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Profit. 3(1), 121-127

Frengki Wospakrik, Sri Sundari dan Lisa Musharyanti (2020). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Case Based Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa. Journal Health Of Studies. 4(1) 30-37.

Hentz, P (2017). Overview Of Case Study Research Dalam Chesnay, M. (Eds) Qualitative Design and Menthods in Nursing (pp.1-10) New York: spingerpub.com.

Herdian (2020). Kemampuan Pemahaman Matematika, (online), (http://herdy 07.wordpress.com/2010/05/27/kemampuan-pemahaman matematis,diakses 2 Mei 2020).

Kurniasih, T dan Sani, Maria M. Ratna (2017). Pengaruh Return On Asset, Laverage, Corporate Governance, Ukuran Perusahaandan Konpensasi Rugi Fiskal Pada Tax Avoidance. Buletin Studi Ekonomi Universitas Udayana.

Lestari, Dkk. 2015. Pennelitian Pendidikan. Aditama. Karawang

Munandar. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat.Jakarta: Rineka Cipta

Raharjo, R (2017). Pengelolaan Alat Bahan dan Laboratorium Kimia. Jurnal Kimia Sains dan Aplikasi. 20(2), 99-104. DOI:10.14710/jksa.20.2.99-104

Rosdiani, D (2018). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung:: CV Alfabeta

---------- 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bnadung : Alfabeta

Suprijono, A (2016). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang system pendidikan nasional

Yamin, M (2017). Metode Pembelajaran Bahasa Inggris di Tingkat Dasar. Jurnal Pesona Dasar 1(5): 82-97

Wilson (2017). Ciri-ciri kemampuan berfikir kreatif. Yogyakarta : Samudra Biru

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Owuna, H., & mbilosos, melati. (2024). Pengaruh metode pembelajaran case study Terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Buko Selatan . NUMERIC : Jurnal Penelitian Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 2(2), 59–67. Retrieved from https://ojs.untika.ac.id/index.php/numeric/article/view/740