Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menyelesaikan Soal Cerita Materi Bilangan Desimal

Authors

  • Inda Widiarti Hafid Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk Banggai
  • Sunita Willem
  • suhartini salingkat

Keywords:

Model Problem Based Learning , Keterampilan Menyelesaikan Soal Cerita, Bilangan Desimal

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Penerapan model problem based learning dalam meningkatkan keterampilan menyelesaikan soal cerita materi bilangan desimal di kelas VA SD Negeri Tinakin. Subjek penelitian adalah peserta didik berjumlah 21  orang. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Rancangan penelitian tindak kelas ini mengacu pada model pembelajaran Spiral Kemmis dan Taggrat menurut Arikunto yang dilakukan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Berdasarkan hasil tes tindakan, terjadi peningkatan keterampilan menyelesaikan soal cerita Peserta Didik. Mulai dari tes siklus I sampai tes akhir tindakan siklus II. Peningkatannya dapat dilihat dari 68,57% pada siklus I menjadi 86,90% pada siklus II. Untuk hasil observasi peserta didik dan guru terjadi peningkatan dari sikus I sampai sikus II. Peningkatan hasil observasi peserta didik dapat diihat  dari 72,92% pada sikus I menjadi   94,27% pada siklus II,dan peningkatan hasil observasi guru dapat dilihat dari 75% dari sikus I menjadi 97,22% pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta

Aqib. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Yrama Widya. Bandung.

Alter, P (2019). Helping Students With Emotional And Behavioral disorder Solve Mathematics word Problem. Preventing School Failure. 56(1), 55-64

Arends, Richard (2008). Learning to teach (belajar untuk mengajar))(buku satu) terjemahan. Yogyakarta . Pustaka Pelajar

Awofala, A.O.A(2016). Is Gender a Factor in Mathematics Performance Among Nigerian Senior Secondary Students With Varying school Organizatio and Location. International Journal Of Mathematics Trends and Tecnology. 2(3) 17-21

Grant, M. M., & Tamim, S. R. (2019). PBL in K – 12 Education. In M. Moallem, W. Hung, & N. Dabbagh (Eds.), The Wiley Handbook of Problem-Based Learning (pp. 221–244). USA: John Wiley & Sons. Inc.

Hotimah, Husnul (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan bercerita pada siswa sekolah dasar. Jurnal edukasi, 7(3), 5-11.

Irnawati, Ida Bagus Kade Gunayasa & Muhammad Turmuzi. (2020). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas. Jurnal Pendas: Primary Education Journal. 1(2). 104-112

Karatas, I & Baki, A, (2017). The effect of learning Environments Based on Problem Solving on studen’ Achievements of problem solving. Bulent Ecevit University, Karadeniz Technical Universit, Turkey. International Electronic Journal Of Elementary Education. 5(3), 249-268

Kodariati, L & Astuti, B (2016). Pengaruh Model PBL terhadap Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah matematika siswa kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia.

Nariman, N & Chrispeels, J (2016). PBl in The Of Reform Standards: Challenges and Benefits Preceived By Teachers In One Element School. IJPBL, 10(1)1-16

Newton, Nicki (2017). Math Problem Solving in Action. New York: Apex CoVantage

Rahardjo, M dan Astuti, W (2019). Pembelajaran soal cerita Operasi hitung di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Kementrian Pendidikan Nasional

Schmidt, H. G., Rotgans, J. I., & Yew, E. H. J. (2019). Cognitive Constructivist Foundations of Problem-Based Learning. In M. Moallem, W. Hung, & N. Dabbagh (Eds.), The Wiley Handbook of Problem-Based Learning (pp. 25–50). USA: John Wiley & Sons. Inc.

Syah, Muhibbin. (2018) Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya

Smith, A (2016). Racism and Everday Life.

Suh, J. M., & Seshaiyer, P. (2019). Promoting Ambitious Teaching and Learning through Implementing Mathematical Modeling in a PBL Environment. In M. Moallem, W. Hung, & N. Dabbagh (Eds.), TheWiley Handbook of Problem-Based Learning (pp. 529–550). USA: John Wiley & Sons. Inc. https://doi.org/10.1002/9781119173243.ch23

Ulum, Ihyaul (2017). Intelletual Capital: Model Pengukuran Framework Pengungkapan dan Kinerja Organisasi. Edisi 3. Universitas Muhammadiyah Malang .

Widyastuti, N.S & Pujiastuti, P (2014). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap pemahaman konsep dan berpikir logis siswa. Jurnal Prima. 2(2). 1-14.

Yew, E. H & Goh, K (2016). Problem Based Learning: An Overview Of its Process and Impact On learning . Health Professions Education, 75-79

Yuli Kurniyawati, Ali Mahmudi & Endang Wahyuningrum (2019). Efektivitas Problem based learning ditinjau dari keterampilan pemecahan masalah dan kemandirian belajar matematis. pemecahan masalah matematis dan skala kemandirian belajar matematis. Jurnal Riset PendidikanMatematika. 6(1). 118-129

Zaenal, Nur Fitriani. (2022). Problema Based Learning pada pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu. 6(3), 3584-3593

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Hafid, I. W., Willem, S., & salingkat, suhartini. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menyelesaikan Soal Cerita Materi Bilangan Desimal . NUMERIC : Jurnal Penelitian Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 2(2), 52–58. Retrieved from https://ojs.untika.ac.id/index.php/numeric/article/view/739