Implementasi Model Problem Base Learning (PBL) Di Sekolah Dasar
Keywords:
Problem Based LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan Penerapkan Model Problem Based Learning (PBL) di kelas V SDN Inpres Luksagu Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan kelas (PTK), teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yaitu observasi aktivitas guru dan siswa serta Tes hasil belajar, Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 25 siswa. Adapun indikator keberhasilan (1) Apabila 80% aktifitas guru dan aktifitas siswa dalam proses belajar mengajar sudah menunjukkan kriteria baik dalam menerapkan model Problem Based Learning (PBL). (2) Meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pengumpulan dan penyajian data dengan evaluasi tes hasil belajar secara individual yang dicapai rata –rata ≥ 70. (3) Rata-rata hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan pengumpulan dan penyajian data secara klasikal dicapai ≥ 80%. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa pada siklus I yaitu 70,72 dengan ketuntasan klasikal 48% atau tuntas secara individu sebanyak 12 orang siswa dari total 25 orang siswa mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 83,12 dengan ketuntasan klasikal 88% atau 20 orang siswa telah memenuhi nilai KKM. Aktivitas siswa dan guru dalam Penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam pebelajaran matematika mengalami peningkatan.
Downloads
References
Husnidar, dkk., (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Didaktik Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syah Kuala. 1 (1): 76
Abdurrahman, Mulyono. (2018). Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Miftahurrohmah, I., & Wahjudi, E..( 2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Menganalisis Simpanan Dana Deposito Kelas X Perbankan Syariah SMKN 2 Mojokerto. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 11(1), 21-28
Muis, M. (2019). Model pembelajaran berbasis masalah: teori dan penerapannya. Caremedia Communication
Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Argareta, M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 29–42.
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lakilo Laruli Laruli, Ellyas Palalas, Siti Nurjana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.