Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Melalui Model Aptitude Treatment Interaction (ATI) Pada Materi Lingkaran
https://doi.org/10.53090/numeric.v2i1.608
Keywords:
Ability to Understand Mathematical Concepts, Through the Aptitude Treatment Interaction, Circle MaterialAbstract
T
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik melalui model aptitude treatment interaction (ATI) pada materi lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 2 Totikum Selatan. Subjek penelitian adalah peserta didik berjumlah 19 orang. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Berdasarkan hasil tes tindakan, terjadi peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Mulai dari tes siklus I sampai tes akhir tindakan siklus II. Peningkatannya dapat dilihat dari 66,99% pada siklus I menjadi 84,69% pada siklus II. Untuk hasil observasi peserta didik dan guru terjadi peningkatan dari sikus I sampai sikus II. Peningkatan hasil observasi peserta didik dapat diihat dari 72,92% pada sikus I menjadi 88,89% pada siklus II,dan peningkatan hasil observasi guru dapat dilihat dari 72,92% dari sikus I menjadi 97,92% pada siklus II. Hal ini menunjukan bahwa Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Pada materi lingkaran Dengan Penerapan model aptitude treatment interaction (ATI) di kelas VIII SMP Negeri 2 Totikum Selatan.
Downloads
References
Arikunto, S,ddk.(2019), Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bina Aksara
Asep Jihad, Abdul Haris. (http://madfirdaus. wordpressSs-indikator Pemahaman konsep mathematic.com)
http://inspirasi-info.blogspot.com/2012/03/model-pembelajaran-aptitude-treatment.html
Adjie, Nahrowi dan Maulana. Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: UPI PRESS.2006
Depdiknas, (2006). Kurikulum Satuan Pendidikan Standar Kompetensi SMP dan MTS. Jakarta : Depdikna
Agustina, L. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smp Negeri 4 Sipirok KelasVII Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Jurnal Eksakta. Vol 1, hal 1-12.
Kuban, Meynikhe. 2016. Upaya Meningkatkan Kemampun Pemahaman Konsep Matematika Peserta didik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Shre di Kelas VII A SMP Kristen Luwuk.
Murray R.S dan Larry J.S. (2004). Statistik edisi ketiga. Jakarta: Buni Aksara
Oemar Hamalik. (2000). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Dimyati. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Hujodo,H. (2005). Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. Malang PPS UM.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bernadino Seajima, edy Wibowo, I Wayan Sudane
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.