Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Melalui Model Aptitude Treatment Interaction (ATI) Pada Materi Lingkaran

https://doi.org/10.53090/numeric.v2i1.608

Authors

  • Bernadino Seajima Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk Banggai
  • edy Wibowo Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk Banggai
  • I Wayan Sudane Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk Banggai

Keywords:

Ability to Understand Mathematical Concepts, Through the Aptitude Treatment Interaction, Circle Material

Abstract

T

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik melalui model aptitude treatment interaction (ATI) pada materi lingkaran  di kelas VIII SMP Negeri 2 Totikum Selatan. Subjek penelitian adalah peserta didik berjumlah 19 orang. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Berdasarkan hasil tes tindakan, terjadi peningkatan Pemahaman Konsep  Matematis Peserta Didik. Mulai dari tes siklus I sampai tes akhir tindakan siklus II. Peningkatannya dapat dilihat dari 66,99% pada siklus I menjadi 84,69% pada siklus II. Untuk hasil observasi peserta didik dan guru terjadi peningkatan dari sikus I sampai sikus II. Peningkatan hasil observasi peserta didik dapat diihat  dari 72,92% pada sikus I menjadi   88,89% pada siklus II,dan peningkatan hasil observasi guru dapat dilihat dari 72,92% dari sikus I menjadi 97,92% pada siklus II. Hal ini menunjukan bahwa Meningkatkan Pemahaman Konsep  Matematis Peserta Didik  Pada materi lingkaran Dengan Penerapan model aptitude treatment interaction (ATI) di kelas VIII SMP Negeri 2 Totikum Selatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S,ddk.(2019), Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bina Aksara

Asep Jihad, Abdul Haris. (http://madfirdaus. wordpressSs-indikator Pemahaman konsep mathematic.com)

http://inspirasi-info.blogspot.com/2012/03/model-pembelajaran-aptitude-treatment.html

Adjie, Nahrowi dan Maulana. Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: UPI PRESS.2006

Depdiknas, (2006). Kurikulum Satuan Pendidikan Standar Kompetensi SMP dan MTS. Jakarta : Depdikna

Agustina, L. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smp Negeri 4 Sipirok KelasVII Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Jurnal Eksakta. Vol 1, hal 1-12.

Kuban, Meynikhe. 2016. Upaya Meningkatkan Kemampun Pemahaman Konsep Matematika Peserta didik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Shre di Kelas VII A SMP Kristen Luwuk.

Murray R.S dan Larry J.S. (2004). Statistik edisi ketiga. Jakarta: Buni Aksara

Oemar Hamalik. (2000). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Dimyati. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hujodo,H. (2005). Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. Malang PPS UM.

Downloads

Published

2024-02-12

How to Cite

Seajima, B., Wibowo, edy ., & Sudane, I. W. . (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Melalui Model Aptitude Treatment Interaction (ATI) Pada Materi Lingkaran. NUMERIC : Jurnal Penelitian Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 40–45. https://doi.org/10.53090/numeric.v2i1.608