Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Resiliensi Matematika Siswa

https://doi.org/10.53090/numeric.v2i1.603

Authors

  • I Wayan ardi Pratama Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk Banggai
  • Suhartini Salingkat Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk Banggai
  • Saipul Bachri S Lajiba Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk Banggai

Keywords:

Komunikasi Matematika, Resiliensi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmenganalisis kemampuan komunikasi matematika pada kelas VIII SMP Negeri 8 Toili. Jenis penelitian ini merupakan studi khasus, untuk memberikan gambaran kemampuan komunikasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal himpunan. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa yang diberikan tes tertulis dan 1 guru matematika untuk diwawancarai. Indicator untuk melihat kemampuan komunikasi matematik dalam penelitian ini yaitu: 1) menyatakan ide-ide matematis melalui lisan dan tulisan, 2) kemampuan dalam menggunakan konsep matematika, 3) mengetahui gambaran kemampuan menyelesaikan soal/pertanyaan menggunakan rumus matematika. Berdasarkan hasil temuan, bahwa kemampuan komunikasi matematik siswa dilihat dari 3 indikator kemampuan komunikasi matematik, siswa masih kurang mampu dalam menyatakan ide, menyatakan simbol-simbol dan menyelesaikan pertanyaan secara tepat dari soal. Factor penyebabnya adalah siswa belum mampu memahami materi, tidak mampu dalam mengemukakan pendapat dan tidak aktif dalam bertanya. Oleh karena itu, untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran, guru memperhatikan daya piker siswa, serta lebih banyak memperhatikan strategi, metode dan cara mengajar dengan baik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2001). Sistematic Riteratura Riview: Efektifitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pemebelajaran Matematika. Indonesia Journal Of Intellectual Puplication, I, 2774-1915.

Aminah, S., Wijaya, T. T., & Yuspriyati, D. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Himpunan. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1, 15-22.

Anderha, R. R., & Maskar, S. (2001). Pengaruh Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 1, 1-10.

Andini, S. F., & Marlina, R. (2001). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soaal Pada Materi Himpunan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2, 343-354.

Ansori, A. (2020). Analisis Kemampuan Resiliensi Dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 353–362. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.353-362.

Dewi, S. P., Maimunah, & Roza, Y. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Lingkaran ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Kependidikan:Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan, 7, 2442-7667.

Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2018). Faktor Gender Dan Resiliensi Dalam Pencapaian Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa SMA. 2, 129-136.

Hikmawat, N. N., Nurcahyono, N. A., & , P. S. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Kubus Dan Balok https://Jurnal.unsur.ac.id/prima, 8.

Husna, M. M., Faradiba, S. S., & Wulandari, T. C. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Resiliensi Matetatis.16, 2337-6384.

Hutauruk, A. J., & Naibaho, T. (n.d.).Indikator Pembentuk Resiliensi Matematis Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP.Journal of Mathematics Education and Applied, 1(2), 78–91.

Kurnia, H. I., Royani, Y., Hendriana, H., & Nurfauziah, P. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smp Di Tinjau Dari Resiliensi Matematik. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 933–940.

Laia, H. T., & Harefa, D. (2021).Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa.Journal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463–474. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021

Maharani, S., & Bernard, M. (2018Analisis Hubungan Resiliensi Matematik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1, 819-826.

Maulidya, A. N., & Hidayati, N. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Soal Himpunan. Journal homepage: http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika, 327-334.

Miranda, V., & Sulaiman. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Berbasis Multimedia Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pembelajaran Pendidikan Agama Dan Budi PekertiJurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4, 1300-1315.

Murni, V., Dewi, R., Jehadus, E., & Sugiarti, L. (2021). Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Resiliensi Matematis Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5, 1147-1158.

Nirmala, B. A., Juliangkary, E., & Yuliyanti, S. (n.d.). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 17 Mataram Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Inqury Pada Pokok Bahasan SegitigaJurnal Media Pendidikan Matematika “J-MPM”, 4, 2338-3836.

Nurfauziah, P., & Fitriani, N. (2019). Gender Dan Resiliensi Matematis Siswa SMP Dalam Pembelajaran Scientific Berbantuan Vba Excel. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4, 2548-2297.

Pramuaji, K. A., & Loekmono, L. (2018). Uji Validitas Dan Reliabilitas Alat Ukur Penelitian : Questionnaire Empathy. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 9, 74-78.

Ramadhan, I., & Minarti, E. D. (2018). Kajian Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2, 151-161.

Riskayanti, Ni Wayan. (2021). Analisis Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Minat Belajar Pada Materi Himpunan Di SMP Negeri 8 Toili.Skripsi.Luwuk: Universitas Tompotika Luwuk.Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021).

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 58–67.

Subiakto, A. R. P. (2020) Analisis Minat Belajar Siswa Kelas Vii Smp Islam Patradarma Terhadap Mata Pelajaran Ipa Terpadu Pada Masa Pandemi Covid-19. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/9934

Triana, C. R., & Rahmi, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Lingkaran: Analisis Deskriptif Berdasarkan Self Confidence Siswa SMP IT Insan Utama 2. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(1), 19–28.

Yusanto, Y. (2019). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication, 1(1), 1–13.

Yusuf, F. ( 2018). Uji Validasi Dan Realibilitas Instrumen Penelitian Kualitatif. Jurnal Tabiah : Jurnal Ilmiah Pendidikan,7,17-23

Downloads

Published

2024-02-12

How to Cite

Pratama, I. W. ardi ., Salingkat, S. ., & Lajiba, S. B. S. . (2024). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Resiliensi Matematika Siswa. NUMERIC : Jurnal Penelitian Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 25–39. https://doi.org/10.53090/numeric.v2i1.603