Penerapan Strategi Pembelajaran Reciprocal Teaching Dalam Meningkatkan Kemampuan Bertanya Dan Kognitif Siswa Materi Bangun Ruang
https://doi.org/10.53090/numeric.v2i1.600
Keywords:
Reciprocal Teaching, Questioning Ability, Cognitive AbilitiesAbstract
Rendahnya Kemampuan bertanya dan kognitif siswa sebatas C1 dan C2 di Kelas VIII SMP Negeri 1 Mamosalato. Oleh karena itu, dilakukan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan penerapan strategi pembelajaran reciprocal teaching dalam meningkatkan kemampuan bertanya dan kognitif siswa materi bangun ruang. Instrumen Penelitian ini yakni berupa tes, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan lembar penilaian kemampuan bertanya dan kemampuan kognitif siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan bertanya dan kognitif siswa dari tindakan siklus I ke siklus II yang berpengaruh terhadap peningkatan capaian indicator hasil belajar. Kemampuan kognitif siswa kelas VIII. dari rata-rata siklus I adalah 66, meningkat menjadi rata-rata 88 pada siklus II dan telah mencapai KKM 70 yang telah ditentukan. Kemampuan bertanya pada siklus I persentasenya C1 72%, C2 60%, C3 56%, C4 56%, C5 44% dan C6 12%, meningkat pada siklus II persentasenya C1 76% , C2 64%, C3 68%, C4 68%, C5 60% dan C6 48%. Aktivitas guru dan siswa terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aktivitas guru pada siklus I persentasenya 60,83% meningkat pada siklus II persentasenya 87,13%. Aktivitas siswa pada siklus I persentasenya 55,86% meningkat pada siklus II persentasenya 82, 86%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajara nreciprocal teaching dapat meningkatkan kemampuan bertanya dan kognitif siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Mamosalato
Downloads
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Fajarwati.(2010). Kajian Teori Model Pembelajaran Reciprocal Teaching. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional.
Fitri, N. (2017). Profil Keterampilan Bertanya Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Tesis. Bandar Lampung: Universitas Lampung Bandar Lampung.
Hanifah, H. (2014). Hubungan Antara Kualitas Pertanyaan Siswa Berdasarkan Taksonomi Bloom Dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikn dan Pembelajaran. 4(3): 139-148.
Husen. (2013). Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Kemampuan Bertanya pada Mata Pelajaran Geografi Topik Hidrosfer. Jurnal ilmiah Kependidikan. 6(1): 14-45.
Kamariah.(2017). Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Mningkatkan Kemandirian Belajar Mata Pelajaran IPA. Tesis. Mataram: Universitas Islam Negeri Mataram.
Khusniah, D, dan Dede, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sain. 14(1): 48-78.
Kemendikbud. ( 2013). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 70 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan. Balai Pustaka. Jakarta. 220 hlm
Lutfiana. (2016). Pengaruh Model Rerciprocal Teching pada Pembelajaran IPA Terhadap Aktifitas dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Tesis Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Shi-ying. X. (2011). The Present Situation of English Teacher’s Questioning in Senior Middle School and Positive Strategies.Culture Journal Asia Pacific Science. 1(3): 1-15.
Sofyan, M. (2016). Meningkatkan Kemampuan Bertanya Dasar Siswa Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Di Kelas III B SDN 64/1 Muara Bulian. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas Universitas Jambi. 1(1): 29-36.
.
Widya, N. Anwar, Y. dan Suratmi. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Keterampilan Metakognitif Peserta Didik Kelas XI pada Meteri Sistem Eksresi.Jurnal Pendidikan Sains. 13(10): 7-17
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Danti Yuliarsi Saadjad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.