Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Melalui Penerapan Modul Ajar KPK Dan FPB Di Kelas V SD Negeri Inpres Bonepuso

https://doi.org/10.53090/numeric.v2i1.594

Authors

  • Anco Satar Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk Banggai
  • Hasman Owuna Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk Banggai

Keywords:

Mathematics Learning Outcomes, KPK and FPB Teaching Modules

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Melalui Penerapan Modul Ajar KPK Dan FPB  Di Kelas V SD Negeri Inpres Bonepuso  Kecamatan Bulagi selatan. Subjek penelitian adalah peserta didik berjumlah 14 orang. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Rancangan penelitian tindak kelas ini mengacu pada model pembelajaran Spiral Kemmis dan Taggrat menurut Arikunto yang dilakukan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Berdasarkan hasil tes tindakan, terjadi peningkatan hasil belajar Peserta Didik. Mulai dari tes siklus I sampai tes akhir tindakan siklus II. Peningkatannya dapat dilihat dari 68,29% pada siklus I menjadi 87,71% pada siklus II. Untuk hasil observasi peserta didik dan guru terjadi peningkatan dari sikus I sampai sikus II. Peningkatan hasil observasi peserta didik dapat diihat  dari 72,92% pada sikus I menjadi   94,27% pada siklus II,dan peningkatan hasil observasi guru dapat dilihat dari 80,56% dari sikus I menjadi 97,22% pada siklus II. Hal ini menunjukan bahwa Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Modul Ajar KPK dan FPB Pada Peserta didik Kelas V Di SD Negeri Inpres Bonepuso  Kecamatan Bulagi Selatan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta

Aqib. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Yrama Widya. Bandung.

Fadly Dwi Abdillah. (2013). Penggunaan modul sebagai upaya peningkatan hasil belajar siswa. Skripsi. Program studi Pendidikan Teknik Imformatika. Universitas Yogyakarta.

Hantauruk, P. 2018. Penilaian Pendidikan dan Hasil Belajar Siswa Khususnya dalam Pengajaran Matematika untuk Guru dan Calon Guru. UPI Bandung

Hartanti, D. 2013. Penggunaan Modul Sebagai Upaya Pencapaian Kompetensi Siswa Dalam Mata Diklat Mengukur dengan Menggunakan Alat Ukur Mekanik Presisi Sub Pokok Bahasan Rol dan Bola Pada Program Keahlian Teknik Pemesinan di SMKN 2 Bandung. Skripsi Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Karwono. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Cetakan ketujuh. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Lasmanah, Aan. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Kooperatif Teknik Think Pair Share (Tps) (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas VII-a SMPN Sukasari Sumedang. Jurnal Analisa 2(3): 18–26.

Maulida. 2022. Penggunaan Modul Sebagai Upaya Peningkatan Efektivitas Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Tik Pada Materi Pembelajaran Grafis Di SMA. Skripsi Jurusan Pendidikan Ilmu Komputer UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Morrison, Ross, & Kemp. 2004. Design Effective Instruction. New York.

Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. 2020. Pembelajaran jarak jauh daring: teori prinsip dan prakteknya. Universitas Sanata Darma: Yogyakarta.

Nurdyansyah.2018. Pengaruh Strategi pembelajaran aktif terhadap hasil belajar pada madrasah ibtidaiyah. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Diakses 30 Maret 2023

Sobron Adi Nugraha, Titik Sudiatmi & Meidawati Suswandari. 2020. Studi Pengaruh daring learning terhadap hasil belajar matematika kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian. Vol.1.

Samsudduha, Masugiono dan Suprapto. 2013. Penggunaan Modul pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar. Automative Science and education Journal. Vol 2. No 2. ISSN 2252-6595.

Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 diuraikan tujuan mata pelajaran matematika diajarkan di sekolah

Yarlin, S. 2010. H Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran TGT Pada Pokok Bahasan Faktorisasi Suku Aljabar di SMP Negeri 1 Lamala, Skripsi Tidak diterbitkan.Luwuk : FKIP UniversitasTompotika.asil belajar

Yurista, R. 2018. Ha Strategi dan Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT Remaja Rosdakarya. Cetakan kesebelas. sil belajar

Zulyadaini. 2016. Perbandingan Hasil Belajar Matematika Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Coop-Coop Dengan Konvensional. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 16(1): 153–58

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Satar, A., & Owuna, H. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Melalui Penerapan Modul Ajar KPK Dan FPB Di Kelas V SD Negeri Inpres Bonepuso . NUMERIC : Jurnal Penelitian Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 9–16. https://doi.org/10.53090/numeric.v2i1.594