Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Penerapan Modul Ajar Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri Ombuli

https://doi.org/10.53090/numeric.v2i1.593

Authors

  • Serfianto Liatan Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk Banggai
  • Lakilo Laruli Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk Banggai

Keywords:

Motivation to learn, Teaching Whole Numbers , module

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, subjek penelitian adalah peserta didik berjumlah 12 orang. Rancangan penelitian tindak kelas ini mengacu pada model pembelajaran Spiral Kemmis dan Taggrat menurut Arikunto yang dilakukan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Berdasarkan hasil tes tindakan, terjadi peningkatan motivasi belajar Peserta Didik. Mulai dari tes siklus I sampai tes akhir tindakan siklus II. Peningkatannya dapat dilihat dari 67,64% pada siklus I menjadi 84,72% pada siklus II. Untuk hasil observasi peserta didik dan guru terjadi peningkatan dari sikus I sampai sikus II. Peningkatan hasil observasi peserta didik dapat diihat  dari 72,92% pada sikus I menjadi   94,27% pada siklus II,dan peningkatan hasil observasi guru dapat dilihat dari 72,22% dari sikus I menjadi 97,22% pada siklus II. Hal ini menunjukan bahwa Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Penerapan Modul Ajar Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri Ombuli Kecamatan Bulagi Utara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta

Daryanto. 2013. Menyusun modul ajar untuk persiapan guru dalam mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Djaali. 2017. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Maidah. 2015. Pengembangan Modul Tematik Sebagai Penunjang Bahan Ajar Siswa Kelas I SDN Patuk 1 Gunung Kidul. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Mufidah et al. 2021. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Konversi Panjang. Jurnal Kreatif Online (JKO), 9(3), 109-121.

Naniek Sulistya Wardani. Pengaruh modul ajar pada pembelajaran Tematik terhadap motivasi belajar siswa kelas III SD.

Nurdyansyah, N. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alam Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. 2020. Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi Untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9 (3), 480-492.

Sardiman. 2019. Interaksi dan motivasi balajr mengajar. Raja Grafindo

Persada. Jakarta

Sukmadinata. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya

Suryabrata. 2017. Metode Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No.41 tahun 2007. tentang standar proses diharapkan guru dapat menggunakan bahan ajar lainnya selain buku teks sebagai salah satu sumber belajar.

Purwanto. 2017. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Prastowo.2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta:Diva Press.

Utami, Maulida. 2022 Penggunaan modul ajar berbasis kurikulum merdeka dalam meningkatkan motivasi belajar, Vol. 5 No. 2 Agustus 2022. https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi Hal. 130-138

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Liatan, S. ., & Laruli, L. (2024). Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Penerapan Modul Ajar Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri Ombuli . NUMERIC : Jurnal Penelitian Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.53090/numeric.v2i1.593