Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Penerapan Modul Ajar Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri Ombuli
https://doi.org/10.53090/numeric.v2i1.593
Keywords:
Motivation to learn, Teaching Whole Numbers , moduleAbstract
Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, subjek penelitian adalah peserta didik berjumlah 12 orang. Rancangan penelitian tindak kelas ini mengacu pada model pembelajaran Spiral Kemmis dan Taggrat menurut Arikunto yang dilakukan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Berdasarkan hasil tes tindakan, terjadi peningkatan motivasi belajar Peserta Didik. Mulai dari tes siklus I sampai tes akhir tindakan siklus II. Peningkatannya dapat dilihat dari 67,64% pada siklus I menjadi 84,72% pada siklus II. Untuk hasil observasi peserta didik dan guru terjadi peningkatan dari sikus I sampai sikus II. Peningkatan hasil observasi peserta didik dapat diihat dari 72,92% pada sikus I menjadi 94,27% pada siklus II,dan peningkatan hasil observasi guru dapat dilihat dari 72,22% dari sikus I menjadi 97,22% pada siklus II. Hal ini menunjukan bahwa Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Penerapan Modul Ajar Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri Ombuli Kecamatan Bulagi Utara.
Downloads
References
Arikunto, S 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta
Daryanto. 2013. Menyusun modul ajar untuk persiapan guru dalam mengajar. Yogyakarta: Gava Media.
Djaali. 2017. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Maidah. 2015. Pengembangan Modul Tematik Sebagai Penunjang Bahan Ajar Siswa Kelas I SDN Patuk 1 Gunung Kidul. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Mufidah et al. 2021. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Konversi Panjang. Jurnal Kreatif Online (JKO), 9(3), 109-121.
Naniek Sulistya Wardani. Pengaruh modul ajar pada pembelajaran Tematik terhadap motivasi belajar siswa kelas III SD.
Nurdyansyah, N. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alam Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. 2020. Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi Untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9 (3), 480-492.
Sardiman. 2019. Interaksi dan motivasi balajr mengajar. Raja Grafindo
Persada. Jakarta
Sukmadinata. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya
Suryabrata. 2017. Metode Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No.41 tahun 2007. tentang standar proses diharapkan guru dapat menggunakan bahan ajar lainnya selain buku teks sebagai salah satu sumber belajar.
Purwanto. 2017. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Prastowo.2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta:Diva Press.
Utami, Maulida. 2022 Penggunaan modul ajar berbasis kurikulum merdeka dalam meningkatkan motivasi belajar, Vol. 5 No. 2 Agustus 2022. https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi Hal. 130-138
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Serfianto Liatan, Lakilo Laruli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.