Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lamala
https://doi.org/10.53090/numeric.v1i2.555
Keywords:
Kemaampuan pemahaman Konsep MatematikaAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan pemahamankonsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lamala. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lamala yang berjumlah 21 siswa. Sample dalam penelitian ini adalah kelas VIII yang berjumlah 3 siswa. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: Siswa dengan kemampuan pemahaman konsep matematis pada kategori tinggi dinyatakan mampu menyelesaiakan soal sesuai dengan indikator kemampuan pemahaman konsep. Kemudian siswa dengan kemampuan pemahaman konsep matematis kategori sedang dinyatakan mampu manyelesaikan soal terkadang tidak menuliskan informasi awal. Sedangkan kemampuan pemahaman konsep matematis kategori rendah, dinyatakan belum mampu menyelesaiakan soal cerita sesuai dengan indikator pemahaman konsep.
Downloads
References
Anggraeni, F. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika dan Kemandirian Belajar. Retrieved from https://www.academia.edu/2975444/Analisis_Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa.
Ferdianto, F., &Ghanny. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Problem Posing. Euclid, 1(1), 47–54. Retrieved from http://www.fkip-unswagati.ac.id
Kiki, N. (2017). Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII Pada Materi Kubus dan Balok.Symmetry | Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education,2(4), 87–94.
Kurniawan, A. W. K. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika.Ums.ac.id, 91, 399–404
Riffyanti. L & Setiawan. R. (2017). Analisis Strategi Langkah Mundur Dan Bernalar Logis Dalam Menentukan Bilangan Dan Nilainya. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro. 6 (1). 116.
Sumartini. T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut. 5 (2), 151.
Sugiyono. 2010. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
------------ (2015). Metode penelitian kombinasi (Mix methods). Bandung alfabeta.
------------ (2016). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
------------ (2017). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta CV
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Danti Yuliarsi Saadjad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.