PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
https://doi.org/10.53090/numeric.v1i2.551
Keywords:
e-modul,, Etnomatematika,, Komunikasi matematisAbstract
Kemampuan komunikasi matematis merupakan hal yang sangat penting bagi siswa dalm menyelesaikan masalah matematis. Penggunaan bahan ajar di sekolah yang kurang maksimal dapat berdampak pada kemampuan komunikasi matematis siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan pengembangan modul ajar berbasis etnomatematika yang valid, efektif dan praktis serta dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Four-D Model (4D) yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Hasil penelitian pada tahapan pendefinisian dan perancangan memunculkan unsur budaya dalam produk antara lain: cardinal fish, burung maleo, makanan khas, pakaian adat dan tradisi leluhur. Tahap pengembangan menghasilakan rata-rata penilaian validasi ahli materi 95,5%, rata-rata penilaian validasi ahli media 82%, nilai standar gain untuk kemampuan komunikasi matematis sebesar 0,37, dan rata-rata angket respon 98,3%. Berdasarkan hal tersebut e-modul berbasis etnomatematika dinyatakan valid, efektif dan praktis serta dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Luwuk.
Downloads
References
Cahyaningtyas, A. W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Quantum Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas Xi Sma Negeri 1 Depok. Skripsi. Tidak diterbitkan. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Fisika. Universitas Negeri Yogyakarta.
Deviana, T., & Sulistyani, N. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Matematika HOTS Beroerintasi Kearifan Lokal Daerah di Kelas IV Sekolah Dasar. JP2SD (Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 9(2), 158–172. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i2.18147
Ekowati, D. W., Kusumaningtyas, D. I., & Sulistyani, N. (2017). Ethnomathematica Dalam Pembelajaran Matematika (Pembelajaran Bilangan Dengan Media Batik Madura, Tari Khas Trenggal Dan Tari Khas Madura. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD, 5(2), 716–721. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v5i2.4820
Elgasari, Y. T. A. (2021). Pengembangan Modul Penyajian Data Berbasis Pendekatan Kontekstual untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP. Skripsi. Yogyakarta: FKIP. Universitas Sanata Dharma.
Fausih, M., & T, D. (2015). Pengembangan Media E-modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan “Instalasi Jaringan LAN (Local Area Network)” untuk Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 1 Labang Bangkalan Madura. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 1(1), 1–9.
Heryan, U. (2018). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMA melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 94–106. https://doi.org/10.33369/jpmr.v3i2.6290
Nilawati. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Model Brain Based Learning pada Siswa Mts. Tkripsi. Tidak diterbitkan. Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Pautanga, A. A. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kontektual pada Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII SMP Negeri 3 Tinangkung. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika.FKIP: Universitas Tompotika Luwuk.
Priatna, I. K., Putrama, I. M., & Divayana, D. G. H. (2017). Pengembangan E-Modul BerbasisModel Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Videografi untukSiswa Kelas X Desain Komunikasi Visual di SMK Negeri 1 Sukasada. Jurnal NasionalPendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 6(1), 70–78. https://doi.org/10.23887/janapati.v6i1.9931
Rizal, A. F., Purwaningrum, J. P., & Rahayu, R. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Untuk Menumbuhkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Minat Belajar Siswa. Koordinat: Jurnal Pembelajaran Matematika Dan Sains, 2(2), 1–14. https://doi.org/10.24239/koordinat.v2i2.26
Sintiya, M. W., Astuti, E. P., & Purwoko, R. Y. (2021). Pengembangan E-modul Berbasis Etnomatematika Motif Batik Adi Purwo untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(1–15). https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i1.12556
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Agustina Babe, I Wayan Sudane; Saipul Bachri S. Lajiba
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.