Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Pada Materi Aljabar Di Kelas VII SMP Negeri 5 Lamala Kabupaten Banggai
https://doi.org/10.53090/numeric.v1i2.539
Keywords:
Mathematical Communication Skills,, AlgebraAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Pada Materi Aljabar Di Kelas VII SMP Negeri 5 Lamala Kabupaten Banggai. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif, untuk memberikan gambaran kemampuan komunikasi matematis peserta didik dalam mengerjakan soal bentuk aljabar. prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya mencakup reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. responden yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 3 subjek yang diberikan soal Tes tertulis dan 3 orang responden yang terdiri dari 3 subjek yaitu: 1) Subjek dengan kategori Tinggi sudah memenuhi 3 indikator dari kemampuan komunikasi matematis dari soal yang diberikan; 2). Subjek Kategori Sedang hanya memenuhi 2 Indikator dari kemampuan komunikasi matematis dari soal yang diberikan; dan 3) Subjek kategori rendah hanya hanya mememenuhi 1 indikator dari kemampuan komunikasi matematis dari soal yang diberikan.Downloads
References
Asikin, M. (2015). Komunikasi matematika dalam RME. Makalah Seminar Disajikan Dalam Seminar Nasional RME di Universitas Sanata Darma Yogyakarta 14-15 November. 2015.
Dahlan, J.A. (2014). Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Melalui Pendekatan Pembelajaran Open-Ended. Desertasi. PPs UPI Bandung. Tidak diterbitkan.
Depdiknas. (2016). Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah dan Madrasah Tsanawiyah. Jakarta : Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.
Fatmawati Taduegu. (2013). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Gorontalo pada Materi Statistika.
Hulukati, Evi. (2015). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika Peserta didik SMP Melalui Model Pembelajaran Generatif. Disertasi PPS UPI Bandung; tidak di terbitkan.
Ingko Humonggio. (2013). Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa pada Materi Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Negeri 1 Tibawa.
Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Shaliq, F. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Dalam Pembelajar Matematika. Depdiknas. Dirjen Dikdasmen PPPG Matematika Yogyakarta.
Wahid Umar. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Infinity, Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP : Vol. 1(1), Hal. 12.
Suhendra. (2007). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Jakarta :Universitas Terbuka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Selvi T. Lasompo, Inda Widiarti Hafid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.