Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Melalui Model Based Learning Pada Materi Pola Bilangan
https://doi.org/10.53090/numeric.v1i2.538
Keywords:
Problem solving skill,, Model Based Learning,, Number PatternAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah peserta didik melalui Penerapan Model Pembelajaran Based Learning Di kelas VIII SMP Negeri 10 Pagimana, pada materi Pola Bilangan. Berdasarkan hasil tes tindakan, terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Mulai dari tes siklus I sampai tes akhir tindakan siklus II. Peningkatannya dapat dilihat dari 62,46% pada siklus I menjadi 83,94% pada siklus II. Untuk hasil observasi peserta didik dan guru terjadi peningkatan dari sikus I sampai sikus II. Peningkatan hasil observasi peserta didik dapat diihat dari 79,44% pada sikus I menjadi 92,78% pada siklus II,dan peningkatan hasil observasi guru dapat dilihat dari 75% dari sikus I menjadi 98,33% pada siklus II. Hal ini menunjukan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Based Learning Pada materi Pola Bilangan dapat Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah peserta didik Di kelas VIII SMP Negeri 10 Pagimana.
Downloads
References
Aritonang. N, (2019), “ Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Model Pembelajaran Based Learning di SMP Swasta PAB 18 Medan”, Skripsi: Pendidikan Matematika, 64.
Arikunto S (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Barrett. (2017), “ Penerapan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Based Learning Siswa Kelas VIII di SMP Swasta Eria Medan”. 2(1)
Daryanto. (2017). Model-model pembelajaran. Jakarta: Rajawali
Hermaini, J., (2020), "Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Ditinjau Dari Minat Belajar",Skripsi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau,1-215.
Mariam, S., Nurmala, N., Nurdianti, D., Rustyani, N., Desi, A. & Hidayat, W., (2019), ‘Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTsN Dengan Menggunakan Metode Open Ended Di Bandung Barat’, Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 178–186.
Ratri, G.B, (2020), "Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Menyelesaikan Masalah-masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ngaglik Setelah Mengalami Proses Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah", Skripsi: Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 1-179.
Rusman, (2017). Model-model pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta.
Sanjaya. (2018). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sanjaya Wina . 2016, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Penerbit Remaja Rosdakarya, Bandung.
Suyanto. (2018). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Zulfitri, Aisyah, dan Indaryanti, (2019), ‘Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Setelah Pembelajaran dengan Pendekatan MEAs pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel’, Jurnal Gantang, 4(1), 7–13.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ilham K. Ndoyah, Lakilo Laruli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.