Pengaruh Disposisi Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik
https://doi.org/10.53090/numeric.v1i2.537
Keywords:
Mathematical Disposition,, Solving Ability Math ProblemAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Disposisi Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan MasalahMatematika Pesrta Didik Pada Materi Aljabar kelas VII Di SMPNegeri 3 Bualemo. Dari hasil temuan diperoleh nilai koefisien korelasi (r) =0,7698 atau 76,98 % adalah angka positif. Adapun Nilai KD = 59,27% menunjukan besar pengaruh disposisi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika Di SMP Negeri 1 Kintom dan sisanya 40,63 dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Sedangkan nilai thitung = 8,00 Dengan derajat kebebasan (db) = 46 – 2 = 44 dan taraf signifikansi 0,05 = 2,02 sehingga, thitung lebih dari pada ttabel atau 8,00> 2,02. maka disimpulkan korelasi yang terjadi adalah signifikan, sehingga adanya Pengaruh Disposisi Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan MasalahMatematika Pesrta Didik Pada Materi Aljabar kelas VII Di SMPNegeri 3 Bualemo.
Downloads
References
Awaliyah Ghaida. (2015). Pengaruh Disposisi Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan masalah siswa di kelas V SD segugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal
Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Arikunto,(2012), Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta.
Ahmad (2014).Manfaat Sumber Belajar Dalam Belajar Dan Pembelajaran PAI. Tersedia: https://ahmaddesign187.wordpress.com/2014/04/09/manfaat-sumber-belajardalam-belajar-dan-pembelajaran-pai/. (diakses pada 28 Juli 2022).
Choridah, Dedeh Tresnawati. (2013). Peran Pembelajaran Berbasis Masalah Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berfikir Kreatif serta Disposisi Matematis SMA.Infinity Jurnal. 2(2): halaman 194-202
Hartono.(2011). Analisis Data Statistika dan Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hasman. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran matematika Knisley Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Disposisi Matematika Siswa SMK Negeri 1 Luwuk.
Kesumawati.(2010). Peningkatan Kemampuan Pemahaman, Pemecahan Masalah, dan Disposisi Matematis Siswa Melalui Pendidikan Matematika Realistik. Disertai tidak diterbitkan. Bandung: Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.
Mawaddah, Siti, Anisah, Hana. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generatif Learning) di SMP. FKIP Universitas Lambung Mangkurat.Volume 3, No 2, Oktober 2015.
Sumarmo, Utari. (2010). Berfikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Siswa. (Online). (http://www.academia.edu, diakses tanggal 28 Juli 2022).
Sumarmo, Utari. (2013). Berfikir dan Disposisi Matematik Serta Pembelajarannya. Kumpulan Makalah. FMIPA UPI. Bandung. Diterbitkan.
SumartiniTina Sri.(2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah.Jurnal Mosharafa 5(2): 148-158. STKIP Garut.Garut.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Suslianti Parisaya, Hasman Hasman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.