Pengaruh Disposisi Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik

https://doi.org/10.53090/numeric.v1i2.537

Authors

  • Suslianti Parisaya
  • Hasman Hasman Universitas Tompotika Luwuk

Keywords:

Mathematical Disposition,, Solving Ability Math Problem

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Disposisi Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan MasalahMatematika Pesrta Didik Pada Materi Aljabar kelas VII Di SMPNegeri 3 Bualemo.  Dari hasil temuan diperoleh nilai koefisien korelasi (r)  =0,7698 atau 76,98 % adalah angka positif. Adapun Nilai KD = 59,27% menunjukan besar pengaruh disposisi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika  Di SMP Negeri 1 Kintom dan sisanya 40,63 dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Sedangkan nilai thitung = 8,00 Dengan derajat  kebebasan (db) = 46 – 2 = 44 dan taraf signifikansi  0,05 = 2,02  sehingga, thitung  lebih dari pada  ttabel atau  8,00> 2,02. maka disimpulkan korelasi yang terjadi adalah signifikan, sehingga adanya Pengaruh Disposisi Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan MasalahMatematika Pesrta Didik Pada Materi Aljabar kelas VII Di SMPNegeri 3 Bualemo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Awaliyah Ghaida. (2015). Pengaruh Disposisi Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan masalah siswa di kelas V SD segugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal

Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Arikunto,(2012), Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta.

Ahmad (2014).Manfaat Sumber Belajar Dalam Belajar Dan Pembelajaran PAI. Tersedia: https://ahmaddesign187.wordpress.com/2014/04/09/manfaat-sumber-belajardalam-belajar-dan-pembelajaran-pai/. (diakses pada 28 Juli 2022).

Choridah, Dedeh Tresnawati. (2013). Peran Pembelajaran Berbasis Masalah Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berfikir Kreatif serta Disposisi Matematis SMA.Infinity Jurnal. 2(2): halaman 194-202

Hartono.(2011). Analisis Data Statistika dan Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hasman. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran matematika Knisley Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Disposisi Matematika Siswa SMK Negeri 1 Luwuk.

Kesumawati.(2010). Peningkatan Kemampuan Pemahaman, Pemecahan Masalah, dan Disposisi Matematis Siswa Melalui Pendidikan Matematika Realistik. Disertai tidak diterbitkan. Bandung: Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Mawaddah, Siti, Anisah, Hana. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generatif Learning) di SMP. FKIP Universitas Lambung Mangkurat.Volume 3, No 2, Oktober 2015.

Sumarmo, Utari. (2010). Berfikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Siswa. (Online). (http://www.academia.edu, diakses tanggal 28 Juli 2022).

Sumarmo, Utari. (2013). Berfikir dan Disposisi Matematik Serta Pembelajarannya. Kumpulan Makalah. FMIPA UPI. Bandung. Diterbitkan.

SumartiniTina Sri.(2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah.Jurnal Mosharafa 5(2): 148-158. STKIP Garut.Garut.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Parisaya, S., & Hasman, H. (2023). Pengaruh Disposisi Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik. NUMERIC : Jurnal Penelitian Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 1(2), 59–68. https://doi.org/10.53090/numeric.v1i2.537