Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw SMAS GKLB Luwuk

https://doi.org/10.53090/numeric.v1i1.385

Authors

  • Danti Yuliarsi Saadjad Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk Banggai
  • Riska Nanggele Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk Banggai

Keywords:

Interest to Learn, Kooperatif Tipe Jigsaw, Arithmetic Sequences and Series

Abstract

Kemampuan minat belajar yang dimiliki siswa kelas XI MIPA SMAS GKLB Luwuk masih dalam kategori rendah, khususnya pada materi Materi Barisan dan Deret Aritmatika. Oleh karena itu, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa matematika pada kelas XI MIPA SMAS GKLB Luwuk. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, angket, tes. Subjek penelitian terdiri dari 1 orang guru matematika dan 23 siswa kelas XI MIPA. Indikator minat belajar siswa dalam penelitian ini yaitu: 1) Perasaan senang, 2) perhatian dan 3) ketertarikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa kelas XI MIPA SMAS GKLB Luwuk meningkat ketika menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Minat belajar siswa pada siklus I menunjukkan siswa kelas XI MIPA yang memperoleh skor minat belajar ≥ 50 terdapat 4 siswa yang tuntas dengan skor nilai 17,39% masuk dalam kategori minat belajar sangat kurang. Kemudian, minat belajar siswa pada siklus II menunjukkan siswa kelas XI MIPA yang memperoleh skor minat belajar ≥ 50 terdapat 17 siswa yang tuntas dengan skor nilai 74 % masuk dalam kategori minat belajar Baik. Hal tersebut sudah memenuhi indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu, 70% siswa kelas XI MIPA memperoleh skor minat belajar dalam kriteria baik dengan batas minimal skor minat belajar sebesar 50 disetiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari total skor yg diperoleh pada angket Siklus I dengan jumlah 1.028 dan total  skor yg diperoleh pada angket Siklus II dengan jumlah1.335.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Edy, S. (2016). Manajemen SumberDayaManusia. Kencana Prenada Media Group: Jakarta.

Hamdayama, J. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

MustafaAl-Absi.(2015).Content AnalysisofJordania Elementary Textbookduring 1970 – 2013 as Case Study. International Education Studies.

Sugiyono.(2016).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D,Cetakanke- 24. Bandung: Alfabeta.

Sudjana,N.(2015).Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung:Alfabeta.

Slameto.(2015).Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta. RinekaCipta.

Trianto. (2018). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif–Progresif. Jakarta: Kharisma Putra Grafika

Downloads

Published

2023-04-12

How to Cite

Saadjad, D. Y., & Nanggele, R. . (2023). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw SMAS GKLB Luwuk. NUMERIC : Jurnal Penelitian Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 14–27. https://doi.org/10.53090/numeric.v1i1.385