Pengembangan Media Audio-Visual Berbasis Discovery Learning Pada Materi Vektor Kelas XSMA Negeri 1 Batui

https://doi.org/10.53090/numeric.v1i1.380

Authors

  • Nadiawati Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk Banggai
  • Saipul Bachri S Lajiba Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk Banggai
  • Rendi Hadian A Tamagola Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk Banggai

Keywords:

Learning Media, Audio Visual, Discovery Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media audio-visual berbasis discovery learning yang layak digunakan di SMA Negeri 1 Batui. Waktu pelaksanaan penelitiannya dilaksanakan pada bulan juli tahun 2022. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembanagan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation).  Tahap analysis  yaitu yang terdiri dari tahap awal untuk mengenalisa kegiatan pembelajaran siswa. Selanjutnya tahap Design yang terdiri dari penyusunan materi dan sketsa desain awal atau storyboard yang akan dibuat. Tahap ketiga yaitu tahap pengembangan yang terdiri dari tahap validasi ahli media, validasi dilakukan oleh dua dosen FKIP Universitas Tompotika Luwuk. Tahap keempat yaitu implementation produk kepada siswa untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran .Tahap terakhir yaituEvalution pada tahap ini tidak ada tahapan khusus karena setiap tahap selalu dilakukan evaluasi dan revisi ketika terjadi kekurangan pada produk. Hasil penelitian dari validasi materi dan ahli dikategorikan valid dengan presentase 4,3 dan 4,0. Untuk kepraktisan produk dikategorikan sangat baik dengan presentase 81% yang diperoleh dari respon siswa dan 88% yang diperoleh dari respon guru. Keefektifan produk dikategorikan Baik dengan hasil belajar siswa mendapatkan presentase 80%. Maka disimpulkan media audio-visual berbasis pembelajaran discovery learning layak digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Ilham. (2019). Penelitian dan Pengembangan (Research & Develoment R&D). Modul Penelitian Pendidikan Matematika. FKIP Universitas Tompotika Luwuk.Tidak dipublikasi.

Amin, E.V., Andayani, Y& Sukib, S. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA. Chemistry Education Practice, 1(1), p. 13. Available at: https://doi.org/10.29303/cep.v1i1.884.

Amrullah, A.K. (2017). Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas V Sekolah Dasar’, Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 3(1), p. 378. Available at: https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n1.p378-387.

Ardila, A., & Hartanto,S. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa Mts Iskandar Muda Batam. PYTHAGORAS: Jurbal Progran Studi Pendidikan Matematika, 6(2).

Arsyad, Azhar. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PT, Raja Grafindo Persada.

Asyhar, Rayandra. (2012). Creative mengembangkan media pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Dewantara, I.P.M. (2012). Artikel penelitian , i putu mas dewantara, prodi pendidikan bahasa, mei 2012’, pp. 1–15.

Fatmasuci, F. W. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah berorientasi pada kemampuan komunikasi dan prestasi belajar matematika siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 32-42. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.11325.

Febrita, Y. & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa’, Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 0812(2019), pp. 181–187.

Fitria, A. (2014). Pengunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Cakrawala Dini Volume 5 No.2 November 2012; 57-62.

Harwanto, A.P.S. & Karyono, H. (2020). Pengembangan Model Addie Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Melalui Atletik Kids Untuk’, 8(4), pp. 286–291.

Khaira, Hafizatul. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Kinemaster Sebagai Media Pembelajaran Berbasis ICT.In Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI)-3 (pp.39-44).FBS Unimed Press.

Lajiba, Saipul Bachri. (2013). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Kelas X Semester Genap Untuk SMK. Tesis: Universitas Negeri Gorontalo.

Maulidiana, Perangin-angin, R.B.B. & Saragi, D. (2017). Developing Interactive Learning Media Based on Macromedia Flash Profesional 8 to Improve Students ’ Achievement of Civics in Grade IV SDN 024183 Kec . Binjai Timur, IOSR Journal of Research & Method in Education, 7(6), pp. 46–55. Available at: https://doi.org/10.9790/7388-0706044655.

Mawaddah, S. & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), pp. 76–85. Available at: https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1. 2292.

Multiyaningsi, Endang. (2012). Metode Peneleitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabetah.

Munadi, Yhudi. (2013). Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Niswatuzzahro, V., Fakhriyah, F. & Rahayu, R. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas 5 SD’.Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(3), pp. 273–284. Available at: https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p273-284.

Nurfadhilah, S. (2021). Pengembangan Media Audio Visual Pembelajaran Matematika Di Era Pandemi Covid-19 Di Sdn Pangkalan 4’, PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(April 2021), pp. 159–168.

Rosginasari, Gina. (2014). Pengembangan media pembelajaran berbasis audio visual pada pembelajaran ekstraksi di SMA kelas X .Universitas Pendidikan Indonesia.

Rosarina, G, Sudin. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal pena ilmiah.

Rusman. (2012). Model- Model Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Sadiman, Arief S., Rahardjo., Anung, H., & Harjito. (2014). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan Dan Pemanfaatanya.Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Serenata. (2020). Tutorial Dasar Membuat Video Pembelajaran, (Online), (https://www.quipper.com/id/blog/tips-trick/tutorial-video-pembelajran/, Diakses 01 maret 2022).

Soedjadi. (2012). Kiat pendidikan matematika di Indonesia (Jakarta :Dirjen Depdiknas).

Sudjana, N.& Ahmad, R. (2021). Media pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Taib, B. & Mahmud, N. (2021). Analisis Kompetensi Guru PAUD dalam Membuat Media Video Pembelajaran.Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3),hal. 1799–1810. Available at: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1842.

Tamagola, Rendi Hadian A. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajara Matematika Kelas VIII Semester Genap untuk SMP Berdasarkan Model Elaborasi. Tesis: Universitas Negeri Gorontalo.

Wulandari, E. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis E-Book Pada Materi Sistem Pencernaan Untuk Smp Kelas VIII. 7(2),hal.44–68.

Downloads

Published

2023-04-12

How to Cite

Nadiawati, Lajiba, S. B. S. ., & Tamagola, R. H. A. (2023). Pengembangan Media Audio-Visual Berbasis Discovery Learning Pada Materi Vektor Kelas XSMA Negeri 1 Batui. NUMERIC : Jurnal Penelitian Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 40–49. https://doi.org/10.53090/numeric.v1i1.380