Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Pola Bilangan Dengan Alternatif Penerapan Pembelajaran Langsung Berbasis Kontekstual
https://doi.org/10.53090/numeric.v1i1.377
Keywords:
Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika , Pola Bilangan, Pembelajaran Langsung Berbasis KontekstualAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dalam menyelesaikan soal pola bilangan kelas VIII SMP Negeri 3 Liang.Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptip kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan wawancara.Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.Subjek penelitian terdiri dari 3 orang. Indikator kemampuan pemahaman konsep dalam penelitian ini: 1) menyatakan ulang sebuah konsep, 2) membuat contoh dan non contoh, 3) menerapkan konsep matematika, dan 4) mengevaluasi konsep matematika. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa dengan kemampuan tinggi dan sedang memiliki kemampuan pemahaman konsep dalam kategori sangat baik, akan tetapi, walaupun kemampuan pemahaman konsepnya dalam kategori sangat baik, ada satu indikator yang tidak dipenuhi yaitu mengevaluasi konsep matematika.
Downloads
References
Adhiska, D. P., Fathirrohman, M., & Khaerunnisa, E. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Pada Materi Aljabar. Wilangan: Inovasi dan Riset Pendididkan Matematika, 1, 64-75.
Fahrudhin, Zuliana, dan Bintaro, (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas.Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14-20.
Hermaini, J. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Ditinjau Dari Minat Belajar.Skripsi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau,1-215.
Lajiba, S. B. S. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Pada Materi Logika Matematika. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan,4(2), 11-24.
Nahdi, D. S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Brain Based Learning.Jurnal Cakrawala Pendas, 1(1).
Primayana, K. H., Lasmawan, I. W., & Adnyana, P. B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Minat Outdoor Pada Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(2), 72-79.
Rahmawati, M., Uswatun, D. A., & Maula, L. H. (2020). Analisis pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan teori apos melalui soal open ended berbasis daring di kelas tinggi sekolah dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 155-165.
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35-43.
Sudane, I. W., & R. Saadjad, A. S. (2021). Kontribusi Kemampuan Pemahaman Konsep Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi SPLDV. Linear: Jurnal Imu Pendidikan, 5(2), 159-174.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Andri Yawan R. Agen, Moh. Fadly Dg. Matona, Inda Widiarti Hafid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.