Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Matematika Pada Bangun Ruang Melalui Penerapan Alat Peraga Papan Perkalian Kelas V Di SDN 2 Inpres Liang
https://doi.org/10.53090/numeric.v1i1.376
Keywords:
Understanding of Mathematical Multiplication Concepts, Geometry, Multiplication Board TeachingAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan Pemahaman Konsep Perkalian Matematika Peserta Didik V Di SDN 2 Inpres Liang, pada Materi Bangun Ruang. Subjek penelitian adalah peserta didik berjumlah 18 orang. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Rancangan penelitian tindak kelas ini mengacu pada model pembelajaran Spiral Kemmis dan Taggrat menurut Arikunto yang dilakukan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Berdasarkan hasil tes tindakan, terjadi peningkatan. Mulai dari tes siklus I sampai tes akhir tindakan siklus II. Peningkatannya dapat dilihat dari 58,60% pada siklus I menjadi 87,70% pada siklus II. Untuk hasil observasi peserta didik dan guru terjadi peningkatan dari sikus I sampai sikus II. Peningkatan hasil observasi peserta didik dapat diihat dari 72,92% pada sikus I menjadi 94,27% pada siklus II,dan peningkatan hasil observasi guru dapat dilihat dari 72,22% dari sikus I menjadi 97,22% pada siklus II Hal ini menunjukan bahwa Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Matematika Peserta Didik Pada materi bangun ruang Dengan Menerapan Alat Peraga Papan Perkalian Kelas V Di SDN 2 Inpres Liang.
Downloads
References
Ahsanul Khamidin. (2017). Penerapan Media Papan Perkalian Dalam Pembelajaran
Matematika Siswa Kelas II SD Negeri Sawah Besar 01
Semarang.Seminar Nasional PGSD 2017 tema "Menyiapkan Generasi Unggul Melalui Pembelajaran Bermakna".Hal. 2222-2229.
Arikunto S (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Anas Muhammad.(2018). Alat Peraga dan Media Pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara.
Annisah.2014. Alat peraga pembelajaran matematika. Jurnal Tarwiyah Volume II No.I Edisi Januari-Juli.Hal. 1-15.
Darmawanti, V. (2020).Analisi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV).Akrab Juara, 5(1), 43–54. http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/919.
Fahrudhin, Zuliana, dan Bintaro(2018).Peningkatan Pemahaman Konsep Melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas”, Jurnal: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Muria Kudus, 1(1). 15-20.
Harun L. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Dengan Alat Peraga Matematika, Skripsi: Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyahn Surakarta, 165.
Haerul. 2015. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safria Insania Press.
Liana S. L.(2016). Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD 1 Metro Timur, Skripsi: Pendidikan Guru, 76.
Sutikno. S. (2019). Media dan alat peraga dalam pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Sudjana.(2014). Cara Belajar siswa Aktif dan proses belajar. Bandung: Sinar Alfabeta.
Tri dkk.(2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safaria Insania Press.
Oktiana.(20150. Pengembanagan media pembelajaran berbasis android dalam bentuk buku saku digital untuk mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar membuat ikhtisar siklus akuntansi perusahaan. Kajian Pendidikan Kauntansi Indonesia.
Yuliani, N, E, Zulfah, Zulhendri. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMPN 1 Kuok Melalui Model Pembelajaran Koopearatif Tipe Group Investigation.Jurnal Pendidikan Matematika 2 (2): ISSN 2614-3038 Hal. 91-100.
Yuliyanti, Sri. (2019). Penerapan Realistic Mathematic Education untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan pada Siswa Sekolah Dasar.Jurnal Media Pendidikan Matematika. 1 (2): ISSN 2338-3836. Hal 114-119.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Firda Lamuhamad, Lakilo Laruli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.