Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis video Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Teorema Phytagoras Di SMP Negeri 2 Balantak
https://doi.org/10.53090/numeric.v1i1.375
Keywords:
Video Based Learning Media, Learning Aktivity, Teorema PhytagorasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Teorema Phytagoras Di SMP Negeri 2 Balantak, sementara untuk waktu pelaksanaan penelitiannya, dilaksanakan pada bulan Juli 2022. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, kelas VIIIA = 16 Peserta didik sebagai Kelas eksperimen dan kelas VIIIB = 16 Peserta didik sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah Angket Aktivitas Belajar Siswa. A1 = 0,1977 dan A2 = 0,1190 < 0,164, uji linearitas regresi berdistribusi linear dengan A1 = 1,882 < 4,1500 dan A2 = -2,3785 < 3,7900 dan uji homogenitas variansnya dengan X1 dan X2 =0,9051 < 2,4300 serta Y1 dan Y2 = 1,5898 < 2,4300. Analisis yang digunakan adalah uji F signifikansi. berdasarkan hasil analisa data yang telah dirumuskan menyatakan bahwa tingkat pengaruh variabel dalam Hal ini nilai Fhitung = 57,06, Dengan derajat kebebasan (db) pembilang = 1 dan (db) Penyebut = 29 dan taraf signifikansi Alfa = 5 % atau 0,05 = 4,18 sehingga, F hitung lebih dari pada F tabel atau 57,06> 4,18, maka pengaruh yang terjadi adalah signifikan.
Downloads
References
Abbas, Nurhayati. (2012). Bahan Ajar Statistik Penelitian. PPs UNG. Gorontalo.
Agustin. M, Yensy. N dan Rusdi. (2017). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Menerapkan Pembelajaran PROBLEM POSING TIPE PRE SOLUTION POSING di SMP NEGERI 15 Kota Bengkulu. Jurnal: Pendidikan Matematika, Universitas Bengkulu, 1 (1), 1-71.
Alhikma. (2016). “Pengaruh Aktivitas siswa terhadap Pemahaman Konsep Matemati. Jurnal: Pendidikan Matematika, 3(1), 1-82https://media.neliti.comdi akses 09 September 2022.
Andi Prastowo. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Pres.
Anshor Sokhibul. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Geografi”https://media.neliti.comdi akses 08 September 2022.
Cecep Kustandi. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia hal 64.
Dalyono. M. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Metode Inkuri Pada Pembelajaran Matematika, Jurnal: Pendidikan, 3(1), 1-87https://scholar.google.co.id/peningkatanaktivitasbelajarsiswamenggunakanmetodeinkuiripadapembelajaranmatematika di akses 09 September 2022.
Dewi, Agisa PA. (2020). Pengembangan Video SulamanSmock.Skripsi UNY: tidakdipubliksikan.https://eprints.uny.ac.id/65907/ di akses 08 September 2022.
Dimyati. (2020). Pengaruh Aktivitas dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar”, Jurnal: Pendidikan Dasar, Universitas Muhammadiyah Makassar, 1-97https://journal.unismuh.ac.id di akses 09 September 2022.
Kountul, Y. K. ., & Wibowo, E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Sparkol Video scribe Pada Materi Lingkaran Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Linear :JurnalIlmu Pendidikan, 5(2), 142–158. https://doi.org/10.53090/jlinear.v5i2.207 di akses 09 September 2022.
Laminda, J Sukriyanto. (2021). “Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis KineMaster Pada Materi Teorema Phytagoras Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Kelas VIII SMP Negeri 6 Luwuk Timur” Skripsi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tompotika Luwuk.
Martinis Yamin. (2020). Pengaruh Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA terhadap Hasil Belajar", Skripsi:Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 1-149. https://media.neliti.com di akses 09 September 2022.
Nana Sudjana. (2016). Pengaruh Kemampuan Pemcahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Polya Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa', Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika 7(2), 181-190.
Nana Sudjana& Ahmad Rivai. (2013). Media Pengajaran. Bandung: SinarBaru Algensindo.
Noval. (2015). 7 pengertian populasi menurut para ahli, http://www.seputarpengetahuan.com/metopen/7pengertian para ahli.
Riduwan. (2011). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.
Rusmandkk. (2012). Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sofyan A., I & Ratumanan G.T. (2018) dalam penelitiannya yang berjudul “Pengaruh aktivitas belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 21 Ambon” Volume 1 hal. 15-22, https://www.neliti.com/id/publication/273818/ di akses 09 September 2022.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sugiyono.(2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Angkasahttps://repository.uinjkt.ac.id di akses 08 September 2022.
Wianti A. (2010) dalam penelitiannya yang berjudul “Pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar geografi pada sekolah menengah atas di Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen”SkripsiFakultasIlmuSosial Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/2935/1/6497.pdf di akses 08 September 2022.
Sanjaya Wina. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakart: Prenada media Group.
YudiantoArif. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan Program Studi Pendidikan TeknologiInformasi Universitas Muhammadiyah Sukabumi. ISBN.978-602-50088-0-1https://eprints.ummi.ac.id di akses 09 September 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nurul Husna Amin, Edy Wibowo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.